2 Kriteria Ideal Pemain Sayap Versi Ramdani Lestaluhu

oleh Rizki Hidayat diperbarui 15 Jun 2020, 15:15 WIB
Pemain Persija Jakarta, Ramdani Lestaluhu, mengamati instruksi saat latihan di Lapangan Sutasoma Halim, Jakarta, Jumat (10/5). Latihan ini merupakan persiapan jelang laga Liga 1 Indonesia 2019. (Bola.com/Yoppy Renato)

Bola.com, Jakarta - Ramdani Lestaluhu merupakan satu di antara pemain sayap berkualitas di Shopee Liga 1. Pemain Persija Jakarta itu pun memiliki kriteria ideal untuk seorang winger.

Ketika pertama kali membela Tim Macan Kemayoran pada 2007, Ramdani berposisi sebagai gelandang. Namun, karena lini tengah Persija terlalu padat, Ramdani Lestaluhu akhirnya bergeser sebagai winger.

Advertisement

Beralih ke sisi sayap, pemain kelahiran Tulehu, Maluku tersebut mampu memperlihatkan performa terbaiknya. Dia berhasil mencetak 26 gol dari 149 penampilan di seluruh ajang bersama Persija.

Ramdani mengungkap beberapa kriteria ideal untuk menjadi seorang pemain sayap anda. Pertama adalah kuat dalam menyerang dan bertahan.

Bagi Ramdani Lestalu, seorang winger dituntut untuk bisa membantu tim dalam membangun serangan. Namun begitu, winger juga harus bisa membantu pertahanan.

"Seorang winger itu dituntut untuk memiliki kecepatan, karena winger itu pemain yang banyak sekali berlari. Seorang winger itu harus bisa membantu serangan dan juga pertahanan," ujar Ramdani di channel YouTube Persija.

"Winger juga butuh skill, karena winger itu sering sekali bertemu pemain belakang, winger juga dituntut harus kuat dalam duel satu lawan satu. Walaupun kebanyakan pemain sayap itu kurang dalam bertahan, karena mereka fokus dalam menyerang," lanjut Ramdani Lestaluhu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Memanjakan Striker

Pemain Persija Jakarta, Marko Simic dan Ramdani Lestaluhu merayakan gol ke gawang JDT pada laga Piala AFC 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/4/2018). Simic mencetak Hattrick ke gawang JDT. (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Selain itu, yang kedua, menurut Ramdani, pemain yang berposisi sebagai winger harus memiliki umpan yang akurat. Pasalnya, pemain sayap bertugas memanjakan striker dalam mencetak gol.

"Winger juga harus bisa sering memberikan umpan kepada seorang striker, memiliki kecepatan berlari yang bagus, memiliki skill individu satu lawan satu harus kuat, dan umpan yang baik," kata Ramdani.

"Winger dituntut untuk bisa memberikan umpan kepada striker dalam mencetak gol," imbuh pemain yang turut membantu Persija menjuarai Piala Presiden dan Shopee Liga 1 2018 tersebut.

Sumber: YouTube Persija

Berita Terkait