Liga Inggris: Arsenal Butuh Gol, Mikel Arteta Memerlukan Gelandang Seperti Mason Mount

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 15 Nov 2020, 19:30 WIB
Gelandang Chelsea, Mason Mount, berusaha mencetak gol ke gawang Southampton pada laga lanjutan Liga Inggris di Stamford Brigde, Sabtu (17/10/2020) malam WIB. Chelsea bermain imbang 3-3 atas Southampton. (AFP/Ben Stansall/pool)

Bola.com, Jakarta - Arsenal terlihat kesulitan untuk mencetak gol pada awal musim ini. Legenda Arsenal, Lee Dixon, menilai The Gunners membutuhkan pemain bertipe seperti gelandang Chelsea, Mason Mount.

Tim asuhan Mikel Arteta itu sangat kesulitan menemukan konsistensi sejauh ini. Bahkan Arsenal baru saja dibungkam 0-3 di Emirates Stadium ketika menjamu Aston Villa di Premier League akhir pekan lalu.

Advertisement

Kekalahan itu menjadi yang keempat bagi mereka di Premier League musim ini dan membuat mereka berada di peringkat ke-11 dalam klasemen sementara Premier League.

Statistik gol pun cukup memilukan, di mana Arsenal hanya mencetak 9 gol dalam 8 pertandingan hingga sejauh ini.

Arsenal kesulitan mencetak gol meski memiliki Pierre-Emerick Aubameyang, Alexandre Lacazette, dan Willian di lini depan. Sementara di lini tengah ada Granit Xhaka, Mohamed Elneny, dan Thomas Partey, yang ternyata tidak terlalu mengancam lawan.

Video

2 dari 3 halaman

Butuh Gelandang Pencetak Gol

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, memberikan arahan kepada pemainnya saat menghadapi Liverpool pada laga lanjutan Premier League pekan ke-36 di Emirates Stadium, Kamis (16/7/2020) dini hari WIB. Arsenal menang 2-1 atas Liverpool. (AFP/Paul Childs/pool)

Legenda The Gunners, Lee Dixon, menilai Arsenal membutuhkan gelandang yang bisa mencetak gol, seperti gelandang Chelsea, Mason Mount. Pemain-pemain jenis ini bisa menjadi solusi sekaligus mengurangi tekanan dari Pierre-Emerick Aubameyang untuk menjebol gawang lawan.

"Itu adalah bentuk ketergantungan yang besar kepada satu pemain untuk mendapatkan gol. Tidak ada gol dari area lain, meski Lacazette mencetak tiga dari enam gol, dia tampaknya gagal," kata Dixon dilansir Metro.

"Tidak ada gol dari lini tengah sama sekali. Tidak ada pemain lini tengah yang memaksa tim mundur seperti Mason Mount atau seseorang yang berlari di tengah seperti itu dan merangsek ke kotak penalti."

"Jadi, dengan cara bermain seperti itu, dan saya bahkan belum membahas empat atau lima pemain belakang, maka Anda terbatas pada apa yang bisa Anda raih," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Aouar Bisa Jadi Jawaban

5. Houssem Aouar - Houssem Aouar tampil begitu impresif bagi Lyon di kompetisi Liga Champions. Gelandang berusia 22 tahun ini menjadi motor kemenangan Lyon lewat dua assistnya saat menyingkirkan Manchester City di perempat final Liga Champions. (AFP/Franck Fife/various sources)

Arsenal banyak dikaitkan dengan gelandang Lyon, Houssem Aouar, selama musim panas. Menurut Dixon, pemain asal Prancis itu bisa menjadi jawaban untuk Arteta.

"Anda harus menyingkirkan hal-hal kecil itu," ujar Dixon.

"Apakah dia menginginkan pemain seperti itu? Lalu di mana kreativitas di lini tengah? Seorang pemain seperti Aouar bisa membantu," lanjutnya.

Sumber: Metro.co.uk

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 15/11/2020)