13 Puji-puji Terbaik tentang Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan Gerard Pique Ikut Menyanjung

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 25 Des 2020, 08:45 WIB
Parade Aksi Cristiano Ronaldo Sepanjang 2020 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo masih menjadi pemain papan atas dunia meskipun sudah menginjak 35 tahun. Gairah dan ambisi pemain yang kini membela Juventus itu masih sangat besar. 

Cristiano Ronaldo juga masih menjadi sosok mesin gol. Pemain Portugal itu selalu menjadi ancaman bagi tim-tim lawan, baik bersama klub maupun Timnas Portugal. 

Advertisement

Ronaldo masuk radar perhatian pencinta sepak bola dunia sejak memutuskan menerima pinangan Manchester United untuk pindah dari Sporting Lisbon pada 2003. Perlahan tapi pasti namanya makin meroket. 

Setelah menerima pinangan Real Madrid pada 2009, Ronaldo makin bersinar. Lemari trofinya kian penuh sesak. Pemain asal Portugal tersebut seperti tak lelah mengukir prestasi demi prestasi. 

Ronaldo sepertinya belum puas mengantongi lima penghargaan Ballon d'Or. Apalagi Lionel Messi, yang selalu dibanding-bandingkan dengan dirinya dalam 10 tahun terakhir, telah menyabet enam gelar Ballon d'Or. 

Keuletan, determinasi, kerja keras, kemauan keras Cristiano Ronaldo untuk selalu menjadi yang terbaik sudah diakui banyak pihak. Pujian bukan hanya datang dari rekan-rekan setimnya, tapi juga dari pemain-pemain klub rival. 

Bahkan, Lionel Messi juga ikut memuji Ronaldo. Berikut ini komentar terbaik tentang Cristiano Ronaldo dari para pesepak bola, pelatih, hingga presiden klub, seperti dilansir Planet Football. 

 

2 dari 15 halaman

1. Luis Figo

4. Luis Figo - Luis Figo sangat dicintai suporter Barcelona sejak kedatangannya pada 1995. Namun, semuanya berakhir ketika Figo hengkang ke Madrid pada tahun 2000, ia selalu mendapat cemoohan dari para suporter Barcelona setiap bermain di Camp Nou. (AFP/Christophe Simon)

"Ada beberapa hal yang bisa dilakukan Ronaldo dengan sepak bola yang membuat saya hanya bisa memegang kepala dan heran bagaimana dia melakukannya," ujar Luis Figo, legenda Real Madrid dan Timnas Portugal. 

 

 

3 dari 15 halaman

2. Pepe

Pemain sepak bola Portugal Cristiano Ronaldo dan Pepe berpose sambil menunjukan trofi Euro 2016 saat mereka berada di bandara Medeira, Portugal (27/3). (AP Photo/Armando Franca)

 "Membandingkan Ronaldo dan Messi seperti membandingkan alien dan manusia. Ronaldo tak punya darah," kata mantan rekan setim Ronaldo di Real Madrid yang kini memperkuat FC Porto, Pepe.  

 

4 dari 15 halaman

3. Zinedine Zidane

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane bersama Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi usai mengalahkan Juventus pada laga final Liga Champions di Stadion Millennium, Cardiff, Sabtu (3/06/2017). Real Madrid menang 4-1. (AFP/Ben Stansall)

"Ketika Anda bermain bersama Ronaldo di timmu, maka Anda sudah unggul 1-0 lebih dulu," ujar pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. 

 

5 dari 15 halaman

4. Johan Cruyff

1. Johan Cruyff - Legenda sepak bola dunia ini memulai karier di Ajax Amsterdam pada periode 1964 hingga 1973 sebelum akhirnya pindah ke Barcelona. Menorehkan catatan fantastis 190 gol dalam 240 penampilan bersama de Amsterdammers. (AFP/Cor Mulder)

“Cristiano Ronaldo lebih baik daripada George Best dan Denis Law, yang merupakan dua sosok brilian dan pemain hebat dalam sejarah Manchester United," kata Johan Cruyff, legenda sepak bola Belanda. 

Photo/Paul White)"Cristiano Ronaldo tak ternilai," kata Presiden Real Madrid, Florentino Perez. 

6 dari 15 halaman

5. George Best

5. George Best - Mantan pemain Manchester United turut andil dalam film bergenre komedi berjudul “Percy” (1971). (AFP/Philippe huguen)

"Ada beberapa pemain yang dideskripsikan sebagai George Best baru selama bertahun-tahun. Namun, kali ini untuk kali pertama menjadi pujian bagi saya (Ronaldo disebut The Next George Best)," kata legenda Manchester United, Best. 

 

7 dari 15 halaman

6. Sir Alex Ferguson

Cristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson. (AFP/Jack Taylor)

"Kami memiliki beberapa pemain hebat di klub ini 20 tahun saya di ini. Tapi, dia salah satu yang terbaik," kata manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson. 

 

8 dari 15 halaman

7. Ryan Giggs

Pada 2014, Ryan Giggs memutuskan pensiun dari sepak bola dan melanjutkan karier sebagai asisten Louis van Gaal yang menjadi pelatih Manchester United saat itu. (AFP/Paul Ellis)

"Ronaldo bisa mencetak gol dengan kakinya, kepalanya, dan sekarang dia bisa melesakkan gol dengan punggungnya. Saya bertaruh dia mencetak gol sambil duduk di kursi roda," kata legenda Manchester United, Ryan Giggs. 

 

9 dari 15 halaman

8. Pelé

Legenda sepak bola asal Brasil, Pele, pada sebuah seremoni di Rio de Janeiro, Brasil (6/2/2010). (EPA/Marcelo Sayao)

"Ronaldo telah melewati dua atau tiga tahun terakhir dan menjadi yang terbaik di Eropa. Saya rasa pada saat ini tak diragukan Ronaldo adalah pemain terbaik," kata legenda sepak bola Brasil, Pele. 

 

10 dari 15 halaman

9. Gerard Pique

2. Gerard Pique - Performa apik Pique menjadikannya sebagai salah satu tembok pertahanan paling penting di Barcelona. Meski telah memasuki usia 33 tahun, Pique mampu membuktikan betapa penting dirinya bagi pertahan Barcelona. (AFP/ Pau Barrena)

"Pemain terbaik yang pernah saya hadapi adalah Ronaldo. Anda tak akan bisa mengalihkan pandangan darinya," kata bek Barcelona, Gerard Pique.  

  

11 dari 15 halaman

10. Yaya Toure

Yaya Toure saat masih di Manchester City. (AFP/Oli Paul Ellis)

"Dengan memiliki Ronaldo di tim, Anda otomatis menjadi gelandang terbaik," kata mantan pemain Manchester City, Yaya Toure. 

 

12 dari 15 halaman

11. Eusebio

Eusebio (Portugal) - Bersama Benfica, legenda Portugal ini berhasil mencetak 317 gol dari 313 laga. Namun sayang peraih Ballon d'Or tahun 1965 belum pernah membawa negaranya jadi juara Eropa. (AFP/Staff)

"Dia magis menggunakan sepatunya. Hal pertama yang Anda sadari tentang dirinya adalah Ronaldo benar-benar cepat dan sangat, sangat bertenaga, seperti pria muda," kata legenda sepak bola Portugal, Eusebio. 

"Dia hebat, bisa mengontrol, dan tekniknya menakjubkan. Dia meyakini bisa melakukan segalanya dengan bola, dan kepercayaan diri itu membuatnya spesial."

  

13 dari 15 halaman

12. Carlos Queiroz

Carlos Queiroz. (AFP/Rodrigo Buendia/Pool)

"Dia bintang dunia seperti Michael Jordan di basket. Mereka diberkati dengan kejeniusan yang tak pernah dilihat sebelumnya," kata mantan pelatih Timnas Portugal dan Real Madrid, Carlos Queroz. 

 

14 dari 15 halaman

13. Lionel Messi

Striker Barcelona, Lionel Messi dan striker Juventus, Cristiano Ronaldo, pada laga Liga Champions di Stadion Camp Nou, Rabu (9/12/2020). Laga tersebut menjadi ajang reuni dua mega bintang yakni Messi dan Ronaldo. (AFP/Josep Lago)

"Ronaldo selalu ada untuk mencetak gol demi gol di seluruh pertandingan dan berkontribusi untuk klub dan tim nasional. Dia telah melakukannya selama beberapa tahun dan apakah dia sedang di puncak atau agak menurun tidak ada bedanya," kata megabintang Barcelona, Lionel Messi. 

  

15 dari 15 halaman

14. Florentino Perez

Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo memeluk presiden Real Madrid, Florentino Perez usai mandapat ucapan selamat setelah meraih penghargaan media olahraga top Spanyol, Marca di Reina Victoria Theater, Madrid (29/7/2019). (AFP Photo/Javier Soriano)

"Cristiano Ronaldo tak ternilai," kata Presiden Real Madrid, Florentino Perez. 

Sumber: Planet Football

Berita Terkait