2 Modal yang Dipersiapkan Ansawi Mangkualam Jelang Diresmikan Ansan Greeners FC

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 06 Feb 2021, 18:15 WIB
Gelandang Bhayangkara FC, Andik Vermansah, dihadang bek PSM Makassar, Asnawi Mangkualam, pada laga uji coba di Stadion PTIK, Jakarta, Rabu, (5/2/2020). Bhayangkara FC takluk 0-1 dari PSM Makassar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Ansan - Asnawi Mangkualam tak gentar dengan awal kariernya di Korea Selatan bersama Ansan Greeners FC. Asnawi punya dua modal berharga yang disiapkannya jelang diperkenalkan sebagai pemain Ansan Greeners FC.

Asnawi Mangkualam kabarnya akan menandatangani kontrak berdurasi satu tahun, plus perpanjangan semusim bersama Ansan Grenners FC. Ini menjadi pengalaman pertama Asnawi bermain di luar negeri.

Advertisement

Asnawi sudah menyiapkan kemauan dan mental agar bisa meraih kesuksesan di Korea Selatan. Dua hal itulah yang diyakini Asnawi bakal menjadi kunci untuk bisa bersaing dan mendapatkan tempat utama di tim reguler Ansan Greeners.

"Sebelum datang ke sini saya sudah menyiapkan kemauan dan mental. Saya datang ke sini atas dasar kemauan untuk mengembangkan karier," kata Asnawi dalam konferensi pers virtual yang digelar PSSI Pers, Sabtu (6/2/2021).

"Kedua adalah mental karena sepak bola Indonesia hampir setahun ini belum bertanding, sedangkan di sini sudah lama. Kalau mental sudah bagus, mungkin di sini bisa bekerja keras lagi," tegas Ansawi.

Saat ini, Asnawi Mangkualam sedang menjalani masa karantina mandiri selama 14 hari di Korea Selatan. Eks PSM Makassar itu baru merampungkan empat hari masa karantina dan harus menyelesaikan 10 hari tersisa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Tak Terbebani

Pemain PSM Makassar, Asnawi Mangkualam, saat sesi latihan jelang laga Shopee Liga 1 di Stadion Sport Center Tangerang, Kamis, (5/3/2020). PSM Makassar akan berhadapan dengan Persita Tangerang. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Tak bisa dimungkiri ada peran pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, di balik kesuksesan Ansawi Mangkualam bergabung dengan Ansan Greeners FC. Shin Tae-yong yang merekomendasikan Asnawi ke pelatih Asnan Greeners FC, Kim Gil-sik.

Asnawi mengaku tak terbebani dengan rekomendasi tersebut. Hal itu justru dijadikannya sebagai motivasi untuk memberikan penampilan terbaik selama berada di Ansan Greeners.

"Kalau masalah beban, tidak ada. Justru itu menjadi motivasi buat saya. Kemudian saya juga tidak ingin mengecewakan apa yang sudah direkomendasikan pelatih Shin Tae-yong ke pelatih Ansan," tegas Ansawi.