Gila Benar! Di Usia 36 Tahun Cristiano Masih Bisa Cetak 23 Gol, Andrea Pirlo Dibuat Geleng-geleng Kepala

oleh Ario Yosia diperbarui 08 Feb 2021, 16:50 WIB
Cristiano Ronaldo dari Juventus menghadapi Roger Ibanez dari Roma selama pertandingan sepak bola Liga Italia di Allianz Stadium di Turin, Italia, Sabtu, 6 Februari 2021. (Marco Alpozzi / LaPresse via AP)

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo jadi bintang utama kemenangan 2-0 Juventus atas AS Roma dalam lanjutan Liga Italia pada Sabtu (6/2/2020). Ronaldo mencetak gol pembuka di menit ke-13 dan membuat barisan bek Roma sibuk selama 90 menit.

Gol ini menambah koleksi Ronaldo jadi total 23 gol dalam 24 pertandingan di semua kompetisi musim ini. Dia sudah 36 tahun, tapi bermain seolah-olah masih berada di level terbaiknya.

Advertisement

Sang pelatih, Andrea Pirlo, pun mengaku sangat diuntungkan dengan kehadiran Ronaldo dalam timnya. Yang luar biasa adalah kemauan Ronaldo berkorban mengubah gaya mainnya untuk menyesuaikan dengan tim.

Apa maksud Pirlo?

Meski sudah 36 tahun, ternyata Ronaldo masih terus berkembang dan membantu tim. Pirlo menyebut bahwa torehan gol Ronaldo terus bertambah karena kemauannya beradaptasi dengan tim.

Benar Juve masih sangat bergantung pada Ronaldo, tapi justru Ronaldo-lah yang menyesuaikan gaya mainnya sesuai dengan taktik Pirlo.

"Sejak awal musim ini, Cristiano Ronaldo beradaptasi mengubah permainannya sesuai dengan kebutuhan kami di lapangan," buka Pirlo dikutip dari Express.

Video

2 dari 2 halaman

Bermain di Posisi yang Tak Biasa

Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, memperlihatkan gesture kemenangan saat gawang AS Roma kebobolan dalam laga giornata 21 Serie A di Allianz Stadium, Minggu (7/2/2021) dini hari WIB. Juventus menang 2-0 dalam laga ini. (Isabella BONOTTO / AFP)

Dalam laga kontra AS Roma , Ronaldo berduet dengan Alvaro Morata dalam formasi 4-4-2 dengan dua striker. Morata bermain lebih ke belakang, Ronaldo jadi poros sekaligus titik pantul bola untuk serangan-serangan Juve.

"Pada beberapa pertandingan dia bermain lebih seperti striker no.9 murni dan kami meminta striker lainnya untuk menutup pergerakan playmaker lawan," lanjut Pirlo.

"Di laga-laga seperti ini dia bermain lebih dekat ke kotak penalti dan jadi lebih efektif dalam urusan mencetak gol."

Singkatnya, kehadiran Ronaldo sangat meringankan tugas Pirlo sebagai pelatih baru. Skuad Juve musim ini kembali ke titik baru pembangunan kembali, kehadiran pemain seperti Ronaldo sangat penting.

"Dia selalu beradaptasi pada apa yang saya minta dia lakukan musim ini dan karena itu saya sangat tenang soal gaya bermain kami," tutup Pirlo

Sumber asli: Express

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, Published 8/2/2021)

Berita Terkait