PSG Pati Blusukan Mencari Mutiara Terpendam di Maluku Utara

oleh Vincentius Atmaja diperbarui 28 Feb 2021, 17:15 WIB
Tim pelatih dan manajemen PSG Pati saat mencari bibit pemain di wilayah Maluku Utara. (Dok PSG Pati)

Bola.com, Pati - Begitu banyaknya potensi pemain sepak bola muda di berbagai daerah di Indonesia bisa dimanfaatkan oleh klub-klub, termasuk tim Liga 2, PSG Pati. Klub baru di Jateng tersebut mencari mutiara terpendam di wilayah Indonesia Timur, tepatnya di Maluku Utara.

Petinggi klub dan tim pelatih PSG Pati dan akademi Safin Pati Football Academy (SPFA) terbang ke wilayah Ternate, Maluku Utara sejak Rabu (24/2/2021). Mereka antara lain CEO SPFA, Rudy Eka Priyambada dan pelatih kepala PSG Pati, Ibnu Grahan serta Direktur Teknik, Yayat Hidayat.

Advertisement

Blusukan yang dilakukan adalah memantau eksibisi beberapa SSB kelompok umur U-15 dan U-16 di Pulau Tidore. Ikut didampingi langsung Korwil Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (BliSPI) Maluku Utara.

Dari kegiatan itu, terpilih beberapa pemain yang akan diberikan beasiswa untuk bersekolah di SPFA. Selain itu, juga digelar coaching clinic bersama SPFA di Stadion Marimoi, Tidore.

"Syukur Alhamdulillah kita sudah menemukan mutiara terpendam di Ternate-Tidore dan akan kami berikan beasiswa ke SPFA. Berikutnya kita akan jaring lagi di Halmahera Utara," terang Ibnu Grahan, Minggu (28/2/2021).

 

Video

2 dari 2 halaman

Pemain-Pemain Hebat dari Maluku Utara

Tim pelatih dan manajemen PSG Pati saat mencari bibit pemain di wilayah Maluku Utara. (Dok PSG Pati)

Pihaknya mengakui sudah memiliki gambaran beberapa pemain yang akan direkrut dari blusukan yang dilakukan. Gambaran ini didapat dari seleksi di Ternate-Tidore selama dua hari pertama di Maluku Utara.

Perburuan pemain hingga ke Maluku Utara disebutnya karena memang harus diakui daerah ini memiliki banyak 'mutiara' yang masih terpendam. Wilayah Maluku Utara dikenal sebagai salah satu gudang penghasil pemain papan atas macam Rizky Pora, Manahati Lestusen, Zulham Zamrun hingga Abduh Lestaluhu.

Ibnu Grahan menambahkan saat ini PSG Pati sudah memulai menyusun skuat menyambut kompetisi Liga 2 2021 mendatang.

"Kita sudah kantongi beberapa nama pemain dari seleksi di Tidore. Berikutnya, kita akan coba kembali mencari potensi di Halmahera Utara," jelas mantan pelatih Persebaya Surabaya.

Berita Terkait