All England 2021: Praveen Jordan Bermodal Paling Mentereng di Sektor Ganda Campuran

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 16 Mar 2021, 18:05 WIB
Pasangan Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti melakukan selebrasi usai meraih juara All England 2020 dengan mengalahkan wakil Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai di Birmingham Arena, Minggu (15/3/2020). (AP/Rui Vieira)

Bola.com, Birmingham - Wakil Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, punya modal paling mentereng di antara kontestan sektor ganda campuran di All England 2021. Praveen tercatat memiliki titel terbanyak di antara peserta lainnya. 

Praveen Jordan sudah mengantongi dua gelar di ajang All England. Di antara semua pasangan ganda putra lainnya yang tampil All England 2020, hanya dia yang memiliki dua gelar di kantongnya. 

Advertisement

Hebatnya, Praveen meraih titel tersebut bersama pasangan berbeda dan berselisih empat tahun. 

Gelar pertama disabetnya pada 2016, ketika Praveen masih berusia 22 tahun. Dia menjuarai turnamen bulutangkis tertua di dunia itu bersama Debby Susanto. Pada partai final All England 2016, pasangan Praveen/Debby mengalahkan ganda Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen, dalam dua gim langsung 21-12, 21-17, selama 43 menit.  

Seperti dilansir situs BWF, Senin (15/3/2021), Praveen kemudian mengalami masa sulit, menelan kekalahan mengejutkan pada putaran pertama pada tahun berikutnya kontra ganda Jepang yang tidak diunggulkan, Arisa Higashino/Yuta Watanabe.

Setahun berselang atau pada All England 2018, pasangan Praveen/Debby kembali kandas sebelum final. Langkah mereka terhenti di perempat final. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Mampukah Menambah Koleksi Gelar?

Praveen Jordan berlatih di gym menjelang perhelatan All England 2021, di Birmingham, Inggris (15/3/2021). (PBSI)

Praveen Jordan kembali beraksi di All England pada 2019, kali ini bersama partner baru, Melati Daeva Oktavianti. Debut mereka cukup mengesankan, dengan mencapai semifinal. Pasangan Praveen/Melati takluk dari ganda terbaik China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, yang akhirnya juara. 

Setahun berselang, Praveen/Melati, tampil di All England 2020 sebagai unggulan kelima. Mereka berhasil naik podium tertinggi setelah di final mengalahkan ganda Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai.

Di antara para unggulan sektor ganda campuran All England, hanya satu pasangan, Watanabe / Higashino, yang pernah mengecap gelar juara di turnamen berstatus Super 1.000 itu. Bersama Hiroyuki Endo, Watanabe juga merupakan juara bertahan di sektor ganda putra.

Mampukan Praveen Jordan menambah koleksi gelar di All England 2021? 

Sumber: BWF