Pelatih Ansan Greeners Sanjung Asnawi Mangkualam: Dia Tidak Kalah dari Pemain Korea Selatan

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 29 Mar 2021, 15:30 WIB
Asnawi Mangkualam menjalani debutnya di Korea Selatan bersama Ansan Greeners. (Doc: K League).

Bola.com, Ansan - Laga debut Asnawi Mangkualam di Korea Selatan menuai pujian dari pelatihnya di Ansan Greeners, Kim Gil-sik. Bek berusia 21 tahun itu mampu bermain penuh dalam partai pertamanya tersebut.

Asnawi Mangkualam berhasil membantu Ansan Greeners mengalahkan Yangpyeong FC 1-0 di Stadion Ansan Wa, Minggu (28/3/2021) pada babak kedua Piala FA Korea Selatan.

Advertisement

Pada babak pertama, Kim Gil-sik sengaja menugaskan Asnawi Mangkualam agar lebih sabar dalam membantu serangan. Baru pada paruh kedua, eks pemain PSM Makassar itu dibiarkan untuk penetrasi ke depan.

"Sejujurnya, saya berusaha untuk tidak terlalu membebani Asnawi Mangkualam. Kami bukan tim yang kuat, jadi kami ingin stabil," kata Kim Gil-sik pada konferensi pers setelah pertandingan dinukil dari Sports-G.

"Di sisi lain, sifat Asnawi Mangkualam cukup agresif. Dia punya kecenderungan yang kuat untuk membantu ke depan. Jadi di babak kedua, saya memerintahkan Asnawi untuk agresif," jelas Kim Gil-sik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Motivasi buat Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam diperkenalkan oleh Ansan Greeners FC pada Kamis (18/2/2021). (Dokumentasi Ansan Greeners FC).

Kim Gil-sik terus memberikan motivasi bagi Asnawi Mangkualam. Anggota Timnas Indonesia ini diminta untuk meningkatkan kualitasnya demi kebaikan dirinya di masa depan.

"Saya pikir, ini akan lebih baik untuk masa depan Asnawi Mangkualam. Dia tidak kalah dengan pemain Korea Selatan lain dalam hal kecepatan dan daya juang. Saya pikir itu akan menunjukkan penampilan yang lebih baik darinya di masa mendatang," tutur Kim Gil-sik.

"Asnawi Mangkualam membutuhkan kemampuan beradaptasi dengan sepak bola Korea Selatan. Dia harus beradaptasi dalam hal kecepatan dan mengatur nafas bersama rekan setimnya. Jika dia bisa beradaptasi dengan baik, dia akan menjadi pemain yang lebih baik di masa depan," ucapnya.

Sumber: Sports-G

Berita Terkait