6 Klub Liga Inggris Mundur dari Liga Super Eropa karena Diiming-imingi Uang oleh UEFA, Benarkah?

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 21 Apr 2021, 13:37 WIB
12 Klub penggagas Liga Super Eropa. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Jakarta - Enam klub Liga Inggris, yaitu Manchester City, Chelsea, Manchester United, Arsenal, Liverpool, dan Tottenham Hotspur membuat proyek Liga Super Eropa kolaps. Keenam klub memutuskan mundur dari Liga Super Eropa hanya 48 jam setelah proyek itu diumumkan.

Alhasil Liga Super Eropa resmi ditunda. Kini, hanya enam klub pendiri yang masih tersisa, yaitu Juventus, AC Milan, Inter Milan, Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid. Namun, hanya dua klub yang tampaknya bertahan yaitu Real Madrid dan Juventus, karena empat lainnya juga dikabarkan segera mundur.   

Advertisement

Klub-klub Inggris tidak punya pilihan selain mundur karena masifnya tekanan yang diterima di Inggris. Kecaman dan tekanan datang dari 14 klub Premier League lainnya, FA, pihak Premier League, pelatih, pemain, dan juga protes bergelombang para suporter. 

Bahkan Perdana Menteri Inggris Boris Jonhson, dan Pangeran Williams dari Kerajaan Inggris juga ikut angkat bicara. Johnson bahkan menegaskan akan melakukan berbagai cara untuk menggagalkan Liga Super Eropa yang dianggap mengancam nilai-nilai sepak bola dan kompetisi Premier League serta Liga Champions. 

Namun, media Spanyol Mundo Deportivo mengklaim masih ada motif lain di balik mundurnya enam klub Premier League dari proyek Liga Super Eropa. Menurut Mundo Deportivo motihnya adalah uang. Seperti apakah perinciannya? 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Klub Spanyol Tidak Ditawari

Florentino Perez - Tak perlu dipungkiri presiden Real Madrid ini merupakan orang yang tak puas dengan kinerja UEFA. Sosok yang paling bersemangat atas terbentuknya Liga super Eropa ini pun akhirnya didapuk sebagai presidennya. (AFP/Frank Fife)

Mundo Deportivo mengklaim UEFA telah memainkan peran fundamental dalam keputusan enam klub Premier League itu. Mereka disebut mundur bukan hanya karena ancaman dari berbagai pihak.

UEFA diklaim telah menawarkan sejumlah besar uang kepada enam klub itu untuk meninggalkan Liga Super, yang secara serius mengancam jalan kehidupan kompetisi UEFA.

Tawaran serupa belum sampai ke klub-klub Spanyol, yang dipandang sebagai musuh utama UEFA. Tentu saja sosok yang dianggap musuh utama UEFA adalah Presiden Real Madrid, Florentino Pérez.

Belum ada konfirmasi apa pun dari UEFA maupun dari enam klub raksasa Premier League tentang rumor panas tersebut. 

Sumber: Mundo Deportivo