Mengenal Tuan Rumah Euro 2020: Amsterdam, Destinasi Wisata Menarik, Kuliner hingga Akomodasi

oleh Rizki Hidayat diperbarui 26 Mei 2021, 17:45 WIB
Lanskap kota Amsterdam yang dipenuhi bangunan-bangunan tua bersejarah (Liputan6/Elin Yunita)

Bola.com, Jakarta - Kota terbesar di Belanda, Amsterdam, akan menjadi satu di antara tuan rumah perhelatan Euro 2020. Rencananya, pertandingan Piala Eropa 2020 di kota Amsterdam bakal berlangsung di Johan Cruyff Arena.

Johan Cruyff Arena merupakan stadion megah dan modern di kawasan Eropa. Sejak dibuka pada 1996, stadion terbesar di Belanda itu menjadi homebase Ajax Amsterdam.

Advertisement

Pembangunan stadion tersebut menghabiskan dana hingga 140 juta euro dan memakan waktu dari 1993 sampai 1996. Sebelum diubah nama menjadi Johan Cruyff Arena, stadion ini dikenal dengan nama Amsterdam ArenA.

Stadion ini menggantikan stadion Ajax sebelumnya, De Meer, yang hanya berkapasitas 19 ribu tempat duduk. Selama periode pembangunan itu, Ajax harus 'mengungsi' ke Stadion Olympisch untuk dijadikan markas sementara.

Amsterdam ArenA resmi dibuka pada 14 Agustus 1996 dan menjadi stadion pertama di Eropa yang memiliki teknologi atap yang bisa dibuka dan ditutup alias retractable roof. Pembukaan stadion ini ditandai juga dengan pertandingan Ajax Amsterdam melawan raksasa Italia AC Milan, yang dimenangkan Rossoneri tiga gol tanpa balas.

Tak lama setelah secara resmi dibuka, Amsterdam ArenA ternyata teridentifikasi memiliki desain yang tak mendukung untuk pertumbuhan rumput yang baik. Oleh karena itu, dalam satu tahun perlu sampai lima kali untuk memperbarui rumput stadion.

Namun pada akhirnya masalah itu bisa diatasi dengan penerapan teknologi penumbuh rumput. Teknologi tersebut dibangun dengan beberapa kombinasi dari lampu, turbin angin, dan juga alat penyiram air.

Untuk perhelatan Euro 2020, Johan Cruyff Arena akan menggelar tiga pertandingan Grup C dan satu laga 16 besar. Timnas Belanda yang bertindak sebagai tuan rumah akan menghelat seluruh pertandingan Grup C di stadion tersebut.

Belanda akan bersua Ukraina pada 13 Juni, Austria pada 17 Juni, dan Makedonia Utara pada 21 Juni 2021. Adapun partai 16 besar Euro 2020 akan dihelat pada 26 Juni mendatang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 5 halaman

Destinasi Wisata di Amsterdam

Ribuan bungan tulip bersiap untuk dipetik secara gratis pada Hari Bunga Tulip Nasional di Dam Square yang berada di seberang Royal Palace, Amsterdam, 18 Januari 2020. Hari Bunga Tulip Nasional ini menandai pembukaan musim bunga tulip untuk industri bunga Belanda. (AP Photo/Peter Dejong)

Berstatus sebagai kota terbesar dan paling populer di Belanda, Amsterdam kerap dikunjungi para wisatawan. Memiliki kanal-kanal yang mengaliri seluruh pelosok kota serta bangunan tua menjadi pesona tersendiri bagi Amsterdam. Tak heran jika kota yang memiliki luas 219,3 km persegi tersebut dijuluki sebagai Venice of the North.

Sejumlah tempat wisata menarik masuk daftar lokasi yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan, satu di antaranya adalah The Royal Palace. Bangunan bersejarah ini dulunya adalah Istana Kerajaan dan dibangun pada 1648.

Istana yang pernah berfungsi sebagai tempat tinggal raja tersebut dibangun dengan arsitektur Roma kuno. The Royal Palace juga dilengkapi dengan perabotan indah, serta dihiasi patung marmer, relief, ornamen, dan lukisan langit-langit karya Ferdinand Bol dan Govert Flinck.

Spot menarik lainnya yang kerap dikunjungi wisatawan saat berada di Amsterdam adalah Dam Square. Salah satu tempat menarik di Dam Square adalah Istana Koninklijk yang telah dibangun sejak abad ke-17.

Selain itu, berbagai wisata lainnya juga terdapat di alun-alun kota Amsterdam itu, mulai dari Gereja Baru (Nieuwe Kerk), Museum lilin Madame Tussauds, dan Monumen Nasional. Monumen tersebut didedikasikan untuk tentara Belanda yang gugur pada Perang Dunia II.

Jika Anda penggemar seni dan sejarah, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke The Van Gogh Museum. Dibuka sejak 1972, museum tersebut didedikasikan untuk pelukis terkenal asal Belanda, Vincent van Gogh.

Selain tempat-tempat tersebut, lokasi wisata menarik lainnya yang terdapat di Amsterdam adalah Nieuwe Kerk, Kalverstraat, Hortus Botanicus, dan The Rijksmuseum.

 

3 dari 5 halaman

Kuliner Khas Amsterdam

Beragam makanan khas terdapat di Amsterdam. Mulai dari kuliner lezat yang menggugah selera, hingga makanan agak aneh seperti ikan asin atau pahit.

Satu di antara makanan lezat khas Belanda adalah Kroket. Berbahan dasar daging yang digoreng, Kroket biasanya disajikan bersamaan dengan kentang goreng.

Selain itu ada juga Bitterballen. Makanan berbentuk bakso goreng tersebut biasa disajikan di ratusan pub di sekitar Amsterdam. Bitterballen akan terasa sangat nikmat setelah meminum beberapa gelas bir.

Kuliner unik juga terdapat di Amsterdam, seperti Drop. Kudapan berbentuk permen hitam itu berasal dari campuran minuman beralkohol serta bahan yang rasanya seperti air asin yang sangat asin.

 

4 dari 5 halaman

Biaya Akomdasi

Jalan Damrak yang sepi terlihat selama jam malam di jantung kota Amsterdam, Sabtu (23/1/2021). Belanda memasuki fase terberat dari pembatasan anti-virus Corona hingga saat ini. (AP Photo/ Peter Dejong)

Berstatus sebagai ibu kota Belanda, Amsterdam memiliki puluhan hotel berbagai kelas, mulai dari hotel bintang lima sampai hostel yang biasanya ditempati oleh para backpaker. Untuk hotel berbintang memiliki kisaran harga di atas Rp 1 juta.

Namun, hostel dengan kamar tipe dorm bisa menjadi pilihan Anda yang memiliki bujet terbatas. Akan tetapi, hostel biasanya ditempati enam orang atau lebih dalam satu ruangan, dengan menggunakan tempat tidur susun.

Untuk kamar tipe dorm, Anda cukup menggeluarkan dana sekitar Rp 400 ribuan semalam. Adapun kamar pribadi dengan double atau twin bed, Anda diperkirakan harus merogoh kocek di atas 800 ribu per malam.

5 dari 5 halaman

Transportasi Publik

Sejumlah sepeda terparkir di sebuah parkiran khusus sepeda di sekitar kawasan kota Amsterdam, Belanda, Kamis (20/4). Sepeda juga banyak digunakan oleh wisatawan untuk menjelajah Amsterdam. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Amsterdam memiliki transportasi berbeda dibandingkan negara lain di Eropa. Masyarakat Amsterdam lebih senang menggunakan sepeda sebagai moda transportasi, ketimbang kendaraan bermotor.

Anda bisa menyewa sepeda untuk mengunjungi tempat-tempat wisata ataupun menyaksikan langsung pertandingan Piala Eropa 2020 di Johan Cruyff Arena. Selain itu, jalan kaki sambil menikmati keindahan kota Amsterdam juga bisa menjadi pilihan.

Namun, jika ingin menggunakan transportasi umum, jaringan GVB yang terdiri dari bus, metro, dan tram bisa digunakan. Untuk memudahkan aktivitas selama berada di Amsterdam, Anda bisa membeli tiket transportasi terintegrasi tanpa batas selama satu sampai tujuh hari.

Sumber: Berbagai sumber