Foto Piala Eropa: Stadion Hampden Park, Memori Tendangan Voli Ikonik Zizou yang Kini Menjadi Salah Satu Venue Euro 2020 (Euro 2021)

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 28 Mei 2021, 21:33 WIB
Stadion Hampden Park terletak di Glasgow, Skotlandia. Stadion ini merupakan kandang dari Tim Nasional Skotlandia serta Tim Queen's Park FC dan mampu menampung 51 ribu, tak heran jika stadion ini sering digunakan sebagi tuan rumah sepak bola internasional. (Foto: AFP/Andy Buchanan)
Hampden Park dibuka tahun 1903 dan dinobatkan sebagai stadion terbesar di dunia saat itu, karena dapat menampung lebih dari seratus ribu penonton. Bahkan ketika Timnas Skotlandia menjamu Timnas Inggris, stadion ini mampu menampung 149.415 penonton. (Foto: AFP/ Ian MacNicol)
Pada tahun 1976 kondisi stadion ini cukup menghawatirkan karena stadion yang sudah tua dan kekurangan fasilitas seperti stadion modern lainnya di masa itu. Sehingga pada tahun 1991 dimulailah renovasi dan berakhir pada tahun 1999, dengan laga pertama final Piala Skotlandia. (Foto: AFP/Franck Fife)
Zinedine Zidane pernah melakukan tendangan voli ikonik ketika dirinya membela Real Madrid pada tahun 2002. Saat itu Real Madrid tengah melawan Bayer Leverkusen, menghasilkan kemenagan Los Blancos dengan skor akhir 2-1. (Foto:AFP/Damien Meyer)
Rencananya Stadion Hampden Park akan menggelar empat pertandingan, dengan rincian tiga laga Grup D dan satu fase 16 besar. Tim tuan rumah rencananya akan menjamu Timnas Republik Ceska pada 14 Juni 2021 dan Timnas Kroasia pada 22 Juni 2021 mendatang. (Foto: AFP/Ben Stansall)

Berita Terkait