Foto Piala Eropa: Tak Pernah Terprediksi, 5 Negara Kuda Hitam yang Mampu Kejutkan Piala Eropa

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 07 Jun 2021, 15:33 WIB
Drama di dalam pagelaran akbar Piala Eropa akan selalu dinanti oleh para penikmat bola. Salah satunya kejutan dari negara-negara bukan unggulan akan mewarnai jalannya perhelatan tersebut. Berikut 5 negara kuda hitam yang pernah membuat kejutan dalam gelaran Piala Eropa. (Foto: AFP/Franck Fife)
Wales - The Dragon tampil sangat mengejutkan karena mampu mencapai babak semifinal pada gelaran Euro 2016. Mereka juga menjadi puncak klasemen grup menggeser Inggris dan berhasil mengalahkan Belgia pada perempat final. Namun Wales takhluk di semifinal oleh Portugal. (Foto: AFP/Thomas Samson)
Turki - Pada gelaran Euro 2008, Turki tampil secara mengejutkan. Diprediksi tak lolos dalam penyisihan grup, mereka malah naik ke babak semi final setelah mengalahkan Kroasia. Namun langkah mereka dihentikan oleh Jerman setelah kekalahan dramatis di 90" akhir pertandingan. (Foto: AFP/Mladen Antonov)
Republik Ceko - Diprediksi tak mampu lolos pada penyisihan grup, Secara mengejutkan, mereka malah mampu menuju ke babak final dengan sebelumnya finish ke-2 di grup, menumbangkan Portugal dan Prancis. Namun harus terhenti oleh Jerman (2-1) lewat perpanjangan waktu. (Foto: AFP/Attila Kisbenedek)
Yunani - Tak ada yang memprediksi Yunani akan menjadi Juara Euro 2004. Perjalanan terjalnya diawali dari keberhasilan mereka "mentas" dari grup neraka, kejutkan Prancis di perempat final, hadapi Ceko dalam semifinal, dan tumbangkan Skuat Ronaldo cs di babak final. (Foto: AFP/Soriano/Fife)
Denmark - Jalan penuh keberuntungan Denmark dimulai ketika mendapat tiket gratis dari Yugoslavia yang menarik diri akibat perang saudara, buruknya penampilan Prancis dan Inggris, dan memenangkan pinalti melawan Belanda di semifinal. Mereka juga tumbangkan Jerman di babak Final. (Foto kolase: AFP)