Foto F1: 5 Momen yang Mengubah Balap Mobil Formula One, Termasuk Tragedi Senna

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 08 Jun 2021, 23:21 WIB
Berikut 5 momen yang mengubah balap mobil Formula One seperti yang kita kenal saat ini. (Foto Kolase: AFP)
Jack Brabham merupakan salah satu pembalap terbaik di dunia. Ia dapat memecahkan rekor dunia kala itu, ketika dirinya menjadi seorang juara pada tahun 1966 dengan tim pribadi miliknya. Sampai saat ini, rekor Jack Brabham belum terpecahkan. (Foto: AFP/Central Press Photo Ltd)
Kemunculan safety car pada ajang F1 dimulai sejak tahun 1983, namun di tahun 1973 sudah dilakukan percobaan dengan mobil Porsche 914 berwarna kuning. Safety car bertugas untuk mengecek kondisi lintasan dan merupakan terobosan penting dalam keamanan sejarah F1. (Foto: AFP/Patrick Hertzog)
Kecelakaan hebat Niki Lauda di sirkuit Nurburgring Nordschleife pada tahun 1976, membuat perubahan pada faktor keamanan lintasan. Insiden tersebut menyebabkan api yang cukup besar dan memaksa Lauda untuk dilarikan ke rumah sakit. (Foto Kolase: AFP)
Tragedi Senna di sirkuit Imola tahun 1994 menjadi salah satu tragedi kelam dalam sejarah F1. Tikungan bernama Tamburello ini memakan dua korban yaitu Roland Ratzenberger pada kualifikasi sehari sebelumnya dan Ayrton Senna ketika race berlangsung. (Foto Kolase: AFP/Jean-Loup Gautreau)
FIA juga mulai melakukan perubahan regulasi mesin sebagai bentuk peduli lingkungan. Sejak tahun 2014 mesin mobil F1 berganti menjadi V6 turbo hybrid, dimana sebelumnya menggunakan V8. Mesin hybrid ini memiliki kelebihan pada efektifitas energi dan rendah polusi. (Foto: AFP/Jorge Guerrero)