Foto Piala Eropa: Danny Makkelie, Wasit yang Dimurka Cristiano Ronaldo Siap Pimpin Laga Pembuka Euro 2020 antara Turki Kontra Italia

oleh Hendriyan diperbarui 10 Jun 2021, 17:27 WIB
Wasit asal Belanda, Danny Makkelie terpilih untuk memimpin laga pembuka Euro 2020 (Euro 2021) antara Turki melawan Italia, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB. Sosoknya sempat menjadi perbincangan kala memimpin laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Serbia kontra Portugal. (Foto: AFP/Karim Jaafar)
Partai antara Italia melawan Turki nanti adalah kali ketiga belas Danny Makkelie memimpin laga yang melibatkan Timnas Italia ataupun klub Italia sepanjang kariernya. (Foto: AFP/Olaf Kraak/ANP)
Partai terakhir yang melibatkan klub Italia adalah saat ia memimpin laga final Liga Europa 2019/2020 antara Inter Milan kontra Sevilla, 21 Agustus 2020. Inter Milan gagal merebut trofi usai kalah 2-3 dari Sevilla. (Foto: AFP/Friedemann Vogel/Pool)
Sikap tegas Danny Makkelie ditunjukkan saat mengganjar kartu kuning kepada manajer tim Inter Milan, Antonio Conte yang melakukan protes berlebihan dari pinggir lapangan. (Foto: AFP/Ina Fassbender/Pool)
Kepemimpinan Danny Makkelie juga tak lepas dari kontroversi. Saat laga Serbia kontra Portugal yang berakhir 2-2 dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022, ia membuat keputusan kontroversial. Ia tidak mensahkan gol dari Cristiano Ronaldo ke gawang Serbia di penghujung laga. (Foto: AFP/Pedja Milosavijevic)
Bola dianggap belum melewati garis gawang Serbia. Ujungnya, Cristiano Ronaldo murka di akhir laga hingga membanting ban kapten yang dikenakannya. Menyadari kekeliruannya, ia lantas meminta maaf kepada Timnas Portugal diikuti pemecatan asistennya, Mario Diks. (Foto: AFP/Pedja Milosavijevic)
Dalam laga pembuka nanti, Danny Makkelie akan didampingi oleh asisten wasit Hessel Steegstra dan Jan de Vries yang menggantikan posisi Mario Diks dalam tim Makkelie. Untuk wasit VAR dipimpin oleh Kevin Blom didampingi dua asisten, Pol van Boekel dan Christian Gittelmann. (Foto: AFP/Adrian Dennis)
Sebagai ofisial keempat dipercayakan kepada Stephanie Frappart, wasit asal Prancis yang menjadi wasit wanita pertama yang menjadi pengadil dalam Piala Super Eropa dan partai Liga Champions. (Foto: AFP/Vincenzo Pinto)