Foto Piala Eropa: Mulutmu Harimaumu! Selebrasi Berbau Rasis di Euro 2020, Marko Arnautovic Terancam Sanksi UEFA

oleh Hendriyan diperbarui 16 Jun 2021, 09:03 WIB
Striker Austria, Marko Arnautovic terancam hukuman dari UEFA atas insiden selebrasinya usai mencetak gol ke gawang Makedonia Utara dalam laga Grup C Euro 2020 (Euro 2021) di National Arena Bucharest, Rumania, Minggu (13/6/2021). (Foto: AP/Pool/Robert Ghement)
Kejadian bermula saat Marko Arnautovic mencetak gol pada menit ke-89 untuk membawa Austria unggul 3-1 atas Makedonia Utara. (Foto: AP/Pool/Robert Ghement)
Sambil berselebrasi, ia melontarkan cacian bernada rasis dalam bahasa Serbia yang ditujukan kepada dua bek Makedonia Utara yang memiliki garis keturunan Albania, Egzon Bejtulai dan Gjanni Alioski. (Foto: AFP/Pool/Daniel Mihailescu)
Cercaan diduga terkait dengan perang Kosovo yang melibatkan Serbia dan Albania. Ayah Arnautovic diketahui memiliki darah Serbia. (Foto: AP/Pool/Robert Ghement)
Selebrasi Marko Arnautovic ini disadari para pemain Austria. David Alaba, sang kapten tim menghampirinya sambil mencoba membungkam mulut Marko Arnautovic. (Foto: AP/Pool/Robert Ghement)
Usai pertandingan, Marko Arnautovic tampak berbincang dengan Gjanni Alioski. Alioski tampak meminta penjelasan dari Arnautovic atas cacian yang dilontarkannya. (Foto: AFP/Pool/Justin Setterfield)
Atas kejadian tersebut, Marko Arnautovic mengunggah permintaan maafnya melalui akun instagramnya. Ia menegaskan bukanlah seorang yang rasis. Kata-kata kasar yang keluar adalah murni balutan emosi di lapangan, tidak ada niat untuk bersikap rasis kepada lawan. (Foto: AFP/Jure Makovec)
Pihak UEFA tetap akan menyeldiki kasus ini. Dalam aturan tertulis, UEFA akan memberlakukan minimal larangan 10 pertandingan untuk perilaku rasis. Jika terbukti, Arnautovic akan dilarang berlaga hingga Euro 2020 berakhir. (Foto: AP/Pool/Vadim Ghirda)

Berita Terkait