Foto Piala Eropa: Walau Gagal Pinalti, Bale Tetap Jadi Aktor Kemenangan Wales Ketika Melawan Turki pada Grup A Euro 2020

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 17 Jun 2021, 02:27 WIB
Gareth Bale menjadi aktor terjadinya peluang-peluang dan kedua gol, walau dirinya gagal menuntaskan tendangan pinalti. Ia mampu melesatkan umpan ke Aaron Ramsey dan Connor Roberts untuk dikonversi menjadi gol ketika Wales menghadapi Turki. (Foto: AP/Pool/Darko Vojinovic)
Pada babak pertama, tepatnya menit keempat Aaron Ramsey mendapatkan peluang perdana lewat kerjasama apik bersama Gareth Bale. Sayangnya Ramsey tak mampu mengkonversi umpan Bale berkat kesigapan Ugurcan Cakir yang menghalau bola menggunakan kakinya. (Foto: AP/Pool/Dan Mullan)
Giliran Turki yang mengancam gawang Wales pada menit kedelapan. Burak Yilmaz yang sudah menunggu di kotak pinalti gagal menuntaskan umpan yang diberikan oleh Cengis Under. Tendangannya berhasil diblokir oleh Chris Mepham. (Foto: AP/Pool/Dan Mullan)
Aaron Ramsey kembali mendapatkan peluang pada menit ke-24. Ramsey yang berdiri bebas di depan gawang gagal mengkonversi umpan Gareth Bale. Tendangannya terlalu deras hingga bola melambung jauh ke atas gawang. (Foto: AFP/Pool/Ozan Kose)
Kegagalan Aaron Ramsey akhirnya dapat dibayar ketika lagi-lagi umpan dari Gareth Bale berhasil dikontrol menggunakan dadanya, lalu ia ceploskan ke gawang melewati Ugurcan Cakir. Skor berubah 1-0 pada menit ke-42 dengan keunggulan Wales. (Foto: AP/Pool/Naomi Baker)
Pada awal babak kedua Turki berinisiatif lebih banyak melancarkan serangan. Turki hampir menyamakan kedudukan lewat Burak Yilmaz yang melakukan tendangan freestyle di depan gawang Wales tetapi masih dapat diantisipasi oleh Danny Ward. (Foto: AP/Pool/Naomi Baker)
Gareth Bale membuang kesempatan emasnya pada menit ke-61 ketika ia gagal menjadi algojo di kotak terlarang setelah dirinya dilanggar oleh pemain Turki, Zeki Celik. Tendangan Bale terlalu deras hingga melambung jauh di atas mistar gawang Turki. (Foto: AP/Pool/Dan Mullan)
Memasuki menit injuritime menjelang akhir pertandingan, kejutan terjadi ketika umpan tendangan pojok mampu dimaksimalkan oleh Bale dan disodorkan ke Connor Roberts. Roberts berhasil menyematkan bola ke gawang Turki dan mengunci kemenangan The Dragon. (Foto: AFP/Pool/Tolga Bozoglu)
Kemenangan Wales atas Turki 2-0 membawa Wales menjadi pemimpin klasemen sementara Grup A Euro 2020 (Euro 2021) dengan mengoleksi poin empat dari dua kali pertandingan. (Foto: AP/Pool/Tolga Bozoglu)