Foto Piala Eropa: Gasak Swiss 3-0, Italia Jadi Tim Pertama yang Lolos ke Babak 16 Besar Euro 2020

oleh Hendriyan diperbarui 17 Jun 2021, 05:57 WIB
Italia memetik kemenangan kedua di Grup A Euro 2020 (Euro 2021) usai mengalahkan Swiss 3-0 di Olimpico Stadium, Kamis (17/6/2021) dini hari WIB. Hasil ini memastikan Gli Azzurri menjadi tim pertama yang memastikan lolos ke babak 16 Besar. (Foto: AP/Pool/Ettore Ferrari)
Italia langsung mengambil inisiatif menyerang di awal laga. Pada menit ke-10, bek Leonardo Spinazzola melakukan penetrasi dari sisi kanan untuk melepaskan umpan yang ditanduk Ciro Immobile. Sayang tandukannya masih melebar. (Foto: AP/Pool/Ettore Ferrari)
Bek Giorgio Chiellini sempat mencetak gol pada menit ke-19 melalui sepakannya, namun dianulir oleh VAR karena terlebih dulu terjadi handball. (Foto: AP/Pool/Alessandra Tarantino)
Pada menit ke-26 Italia akhirnya benar-benar unggul 1-0 melalui gol gelandang Manuel Locatelli yang menyontek bola dari umpan Domenico Berardi di sisi kanan. (Foto: AFP/Pool/Ettore Ferrari)
Striker Ciro Immobile hampir saja menggandakan kedudukan di menit ke-34 setelah tembakannya berhasil ditepis kiper Swiss, Yann Sommer. (Foto: AP/Pool/Andreas Solaro)
Swiss memperoleh peluang pertamanya di akhir babak pertama melalui bek Ricardo Rodriguez. (Foto: AP/Pool/Andreas Solaro)
Italia unggul 2-0 lagi-lagi lewat gelandang Manuel Locatelli di awal babak kedua melalui tembakan keras dari luar kotak penalti usai menerima umpan pendek Nicolo Barella. (Foto: AP/Pool/Riccardo Antimiani)
Unggul 2-0 membuat Italia mengendurkan serangan. Swiss kembali memperoleh peluang lewat sepakan keras gelandang Xherdan Shaqiri di menit ke-61. (Foto: AP/Pool/Ettore Ferrari)
Tak lama berselang giliran gelandang Steven Zuber yang memperoleh peluang. Sepakannya usai mengelabui dua bek Italia berhasil diblok Gianluigi Donnarumma. (Foto: AP/Pool/Riccardo Antimiani)
Italia memantapkan keunggulannya menjadi 3-0 di akhir babak kedua melalui tembakan keras striker Ciro Immobile dari depan kotak penalti yang bersarang telak di pojok kanan gawang Yann Sommer. (Foto: AP/Pool/Alessandra Tarantino)
Hingga laga usai, skor 3-0 tidak berubah dan memastikan Italia menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 Besar. (Foto: AP/Pool/Riccardo Antimiani)