Foto Piala Eropa: Unggul Tipis 1-0, Swedia Bawa Poin Penuh Atas Slowakia di Laga Grup E Euro 2020

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 18 Jun 2021, 23:13 WIB
Timnas Swedia merayakan kemenangan pertama mereka di fase grup Euro 2020 setelah menang tipis 1-0 atas lawannya Slowakia di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia pada Jumat (18/06/2021) malam WIB. (Foto: AP/Pool/Lars Baron)
Empat menit setelah babak pertama dimulai, gawang Martin Dubravka langsung diserang oleh Swedia. Tendangan dari Sebastian Larsson membentur Milan Skriniar dan dengan mudah diamankan Dubravka. (Foto: AP/Pool/Maxim Shemetov)
Berselang dua menit, Slovakia berganti membuat peluang ke gawang Swedia lewat tandukan Juraj Kucka (kanan) yang memanfaatkan sepak pojok Marek Hamsik. Sayangnya arah bola tak sesuai target dan membentur mistar gawang. (Foto: AFP/Pool/Anatoly Maltsev)
Pada pertengahan babak pertama, dominasi permainan diambil alih oleh Swedia. Kali ini Marcus Berg juga tak ketinggalan membuat peluang emas yang lagi-lagi juga gagal dikonversi menjadi gol. Skor kacamata bertahan hingga akhir babak pertama. (AP/Pool/Anton Vaganov)
Setelah turun minum, Alexander Isak sebenarnya memiliki peluang berkali-kali namun gagal menjadi gol. Pada menit ke-62 tendangannya melebar ketika memanfaatkan ruang kosong Slowakia. Sembilan menit berselang tendangannya juga masih bisa ditahan oleh Dubravka. (Foto: AFP/Pool/Kirill Kudryavtsev)
Kebuntuan akhirnya terpecahkan setelah Emil Forsberg sukses menjadi algojo pinalti di menit ke-77 setelah Robin Quaison dilanggar oleh Dubravka di kotak terlarang. Emil Forsberg mampu melesatkan bola dengan keras dan tak bisa diantisipasi oleh Dubravka. (Foto: AP/Pool/Anton Vaganov)
Keunggulan skor 1-0 Swedia ini bertahan hingga peluit panjang akhir pertandingan dibunyikan. Mereka sukses merebut poin penuh pada pertandingan kali ini dan menempatkan mereka di posisi puncak klasemen sementara Grup E Euro 2020. (Foto: AFP/Pool/Anatoly Maltsev)