Foto Piala Eropa: Raih Poin Penuh Melawan Finlandia, Belgia Melenggang ke Babak 16 Besar dengan Predikat Juara Grup B Euro 2020

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 22 Jun 2021, 07:33 WIB
Kemenangan Belgia di pertandingan melawan Finlandia, membawa mereka keluar menjadi juara Grup B yang akan melenggang ke babak 16 besar setelah mengoleksi poin penuh putaran pertamanya. (Foto: AP/Pool/Dmitri Lovetsky)
Pada 15 menit babak pertama, Belgia mengurung pertahanan Finlandia dan mendominasi penguasaan bola sebesar 60 persen. Peluang pertama didapatkan oleh Axel Witsel di menit ke-23, setelah percobaan tembakannya dari luar kotak pinalti jatuh dipelukan Lukaas Hradecky. (Foto: AP/Pool/Lars Baron)
Pada menit ke-44, Jeremy Doku melepaskan tendangan lengkung yang mengarah ke gawang Finlandia. Sayangnya Lukas Hradecky berhasil melakukan penyelamatan gemilang untuk mengamankan gawangnya. (Foto: AP/Pool/Lars Baron)
Di sisi lain, Finlandia gagal mengembangkan permainan dan kesulitan mengancam gawang Belgia pada babak pertama. Skor kacamata bertahan hingga babak pertama usai. (Foto: AP/Pool/Dmitri Lovetsky)
Memasuki babak kedua, Belgia tetap memengang kendali pertandingan. Eden Hazard tak mau kalah untuk mecari peluang. Tembakannya ke gawang Finlandia masih nyangkut di kiper Lukas Hradecky. (Foto: AP/Pool/Dmitri Lovetsky)
Pada menit ke-65, Romelu Lukaku berhasil merobek gawang Belgia setelah menerima umpan dari Kevin De Bruyne. Sayangya gol ini dianulir oleh wasit setelah dirinya terbukti offside ketika ditinjau dari VAR. (Foto: AP/Pool/Lars Baron)
Kebuntuan Belgia akhirnya pecah pada menit ke-75 setelah Lukas Hradecky melakukan gol bunuh diri. Umpan sepak pojok De Bruyne yang ditanduk Vermaelen sebenarnya membentur tiang gawang, namun Lukas Hradecky yang kaget malah melakukan kesalahan antisipasi. (Foto: AP/Pool/Dmitri Lovetsky)
Belgia sukses gandakan keunggulan lewat Romelu Lukaku pada menit ke-81. Lagi-lagi duetnya dengan Kevin De Bruyne berhasil memperdaya Lukas Hradecky dengan kaki kanannya. Papan Skor berubah menjadi 0-2 dengan keunggulan Belgia dan tak berubah hingga akhir laga. (Foto: AP/Pool/Lars Baron)
Kemenangan kali ini membuat Belgia lolos ke fase gugur 16 besar Euro 2020 dengan status juara Grup B karena meraih poin sempurna setelah menyapu bersih tiga laga kemenangan. Di sisi lain Finlandia tak beranjak dari urutan ketiga klasemen sementara. (Foto: AP/Pool/Lars Baron)

Berita Terkait