Foto Piala Eropa: Matthijs de Ligt Dikartu Merah, Timnas Belanda Disingkirkan Republik Ceska dari Euro 2020

oleh Muhammad Iqbal Ichsan diperbarui 28 Jun 2021, 01:52 WIB
Belanda secara mengejutkan disingkirkan Republik Ceska usai takluk dua gol tanpa balas di babak 16 besar Euro 2020. (Bernadet Szabo/Pool via AP)
Duel Belanda kontra Ceska bermain cukup alot sejak menit pertama. Tak ada gol yang tercipta sampai turun minum. (AP/Darko Bandic, Pool)
Awal petaka bagi Belanda terjadi pada menit 55, The Oranje mesti bermain dengan 10 orang usai bek andalan Matthijs de Ligt yang diusir wasit setelah menyentuh bola dengan tangan. (AP/Laszlo Balogh, Pool)
Republik Ceska sukses memanfaatkan keunggulan jumlah pemain dengan menggolontorkan dua gol, masing-masing dicetak oleh Tomas Holes dan Patrik Schick. (AP/Laszlo Balogh, Pool)
Hasil ini merupakan antiklimaks bagi Belanda yang tampil sempurna pada fase grup. Anak asuh Frank de Boer mampu menyapu Ukraina, Austria, dan Republik Ceko untuk mengoleksi sembilan angka. (AP/Laszlo Balogh, Pool)
Sementara Republik Ceska melaju ke perempat final Piala Eropa 2020 usai lolos dramatis sebagai salah satu penghuni peringkat tiga grup. (Attila Kisbenedek/Pool via AP)
Kemenangan ini membuat Republik Ceska akan menantang Denmark pada babak perempat final Euro 2020 yang akan berlangsung di Stadion Olimpiade, Baku, Azerbaijan.