Foto Piala Eropa: Tekuk Lutut Juara Bertahan Portugal di Laga 16 Besar, Belgia Melenggang ke Perempatfinal Euro 2020

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 28 Jun 2021, 05:23 WIB
Belgia sukses mengalahkan juara bertahan Portugal di babak 16 besar Euro 2020 yang berlangsung di Stadion La Cartuja, Spanyol. Hanya satu gol yang tercipta dari pertandingan sengit tersebut. (Foto: AP/Pool/Jose Manuel Vidal)
Portugal mengawali peluang pertama pada menit keenam. Diogo Jota mencoba melakukan tembakan namun masih melebar dari gawang Thibaut Courtois, penjaga gawang Belgia. (Foto: AP/Pool/Julio Munoz)
Pada menit ke-25, Cristiano Ronaldo nyaris membawa keunggulan bagi Portugal lewat tendangan bebasnya. Namun bola masih dapat ditepis oleh Thibaut Courtois dan hasil muntahannya tak dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Palhinha. (Foto: AP/Pool/Lluis Gene)
Giliran Belgia yang mengancam Portugal pada menit ke-37. Percobaan Thomas Meunier dari luar kotak pinalti sayangnya masih melebar tipis di sisi kanan gawang Rui Patricio. (Foto: AP/Pool/Julio Munoz)
Belgia akhirnya memecah kebuntuan lewat Thorgan Hazard di menit ke-42. Tendangan keras Thorgan Hazard dari luar kotak pinalti melesat melewati Rui Patricio. Papan skor berubah menjadi 1-0 dengan keunggulan Belgia dan bertahan hingga paruh waktu pertandingan. (Foto: AP/Pool/Thanassis Stavrakis)
Pada menit awal babak kedua, Cristiano Ronaldo dan skuat Portugal mengurung permainan Belgia. Sayangnya percobaan demi percobaan belum menemukan titik terang ke gawang Belgia. (Foto: AP/Pool/Lluis Gene)
Pada menit ke-47, Kevin De Bruyne terpaksa ditarik keluar karena cedera. Sebagai gantinya, pemain Napoli, Dries Mertens turun ke lapangan. (Foto: AP/Pool/Jose Manuel Vidal)
Kedua tim sempat ribut ketika Pepe melanggar Thorgan Hazard di menit ke-76. Akhirnya Pepe diganjar kartu kuning oleh wasit Felix Brych. (AP/Pool/Julio Munoz)
Portugal semakin gencar melancarkan serangan ke gawang Thibaut Courtois di menit-menit akhir pertandingan. Namun tetap tak ada tambahan gol hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan. (Foto: AP/Pool/Jose Manuel Vidal)
Akhirnya Belgia keluar sebagai pemenang di laga tersebut dengan skor 1-0. Belgia nantinya akan menantang Italia di partai Perempatfinal Euro 2020 sedangkan juara bertahan Portugal terpaksa pulang kampung lebih dahulu. (Foto: AP/Pool/Lluis Gene)