Foto Piala Eropa: Artem Dovbyk Antarkan Kemenangan Ukraina di Pertandingan Babak 16 Besar Euro 2020 Usai Kalahkan Swedia di Babak Tambahan

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 30 Jun 2021, 05:37 WIB
Ukraina berhasil memenangkan pertandingan 16 besar Euro 2020 ketika menghadapi Swedia. Artem Dovbyk menjadi pemain kunci kemenangan Ukraina pada duel tim kuda hitam Euro 2020 tersebut. (Foto: AP/Pool/Robert Perry)
Pada menit ke-10 setelah babak pertama dimulai, Ukraina membuat peluang dari kaki Roman Yaremchuk. Tendangannya yang mengarah ke gawang Swedia berhasil diselamatkan oleh kiper Swedia, Robin Olsen. (Foto: AP/Pool/Petr David Josek)
Di sisi lain, kiper Ukraina, Heorhiy Bushchan juga beberapa kali melakukan penyelamatan untuk mengamankan gawang mereka. Pertandingan di awal babak pertama berjalan imbang dan saling serang. (Foto: AP/Pool/Stu Forster)
Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-27, setelah Oleksandr Zinchenko berhasil mengkonversi umpan yang dilesatkan oleh Andriy Yarmolenko. Papan skor berubah menjadi 1-0 dengan keunggulan Ukraina. (Foto: AP/Pool/Robert Perry)
Sayangnya keunggulan Ukraina tak bertahan lama. Pada menit ke-43 Emil Forsberg berhasil menyamakan kedudukan lewat tendangan kerasnya yang menghujam ke gawang Heorhiy Bushchan. Skor menjadi satu sama dan bertahan hingga babak pertama usai. (Foto: AP/Pool/Robert Perry)
Tempo permainan di babak kedua menjadi lebih seru. Jual beli serangan antara Ukraina dan Swedia lebih intens. Kedua kubu memiliki keinginan kuat untuk meraih kemenangan. (Foto: AP/Pool/Robert Perry)
Emil Forsberg tercatat beberapa kali membuat peluang pada babak kedua yaitu pada menit ke-54, ke-56, dan ke-59. Sayangnya sejumlah tendangannya masih nyangkut di kiper Ukraina, Heorhiy Bushchan. (AP/Pool/Stu Forster)
Papan skor tak berubah hingga akhir babak kedua, masih menunjukkan angka satu sama. Pertandingan Swedia melawan Ukraina akhirnya dilanjutkan ke babak tambahan dua kali 15 menit. (Foto: AP/Pool/Andy Buchanan)
Swedia harus bertanding dengan 10 pemain saat Marcus Danielsson diganjar kartu merah akibat melakukan tackle keras kepada Artem Besedin di menit ke-99. Artem Besedin juga ditarik keluar pertandingan akibat cidera yang dialaminya. (Foto: AFP/Pool/Lee Smith)
Perbedaan jumlah pemain di babak tambahan dapat dimanfaatkan Ukraina menjadi gol. Artem Dovbyk yang notabene sebagai pemain pengganti di pertandingan ini, berhasil melesatkan gol penentu lewat aksinya di menit akhir babak tambahan. (Foto: AP/Pool/Stu Forster)
Skor 1-2 pada pertandingan babak 16 besar Euro 2020 ini, membawa Ukraina melenggang ke babak Perempatfinal menghadapi Inggris. Patut dinantikan apakah tim kuda hitam Ukraina ini dapat memberi kejutan ke Inggris sebagai tim unggulan di Euro 2020 kali ini. (Foto: AP/Pool/Petr David Josek)

Berita Terkait