Foto Formula 1: 5 Daftar Kontroversi dari Pembalap Legendaris F1, Michael Schumacher

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 30 Jun 2021, 17:38 WIB
Michael Schumacher yang memulai karir pada tahun 1991 di GP Belgia hingga pensiun pada tahun 2012 di GP Brasil, tentu menyisakan kenangan. Tak hanya tentang kenangan juaranya namun juga beberapa kontoversinya. Berikut 5 daftar kontroversi yang pernah menyelimuti dirinya. (Foto: AFP/Damien Meyer)
Sikap tidak sportif dari Schumacher di GP Adelaide, Asutralia pada tahun 1994, dimana saat itu Schumacher memotong jalur Damon Hill dan menyebabkan tabrakan diantara keduanya. Hal ini dilakukan oleh Schumacher untuk melindungi keunggulan satu poinnya dari Hill. (Foto: AFP/Toshifumi Kitamura)
Hal serupa seperti kejadian GP Adeliede tahun 1994 juga ia lakukan ketika GP Jerez, Spanyol pada tahun 1997. Schumacher kali ini menutup jalur Villeneuve dan menyebabkan keluar lintasan. Ia diganjar diskualifikasi dari kejuaraan 1997 oleh FIA akibat perbuatannya tersebut. (Foto: AFP/Eric Cabanis)
Pada tahun 1994, Schumacher bersama tim Benetton melakukan kontroversi akibat penggunaan traction control ilegal yang menguntungkan ketika melakukan pit stop. Hal ini akhirnya terungkap ketika GP Brasil. Akibat tindakan itu, tim Benetton dikenai sanksi denda oleh FIA. (Foto: AFP/Antonio Scorza)
Pada GP Monaco tahun 2006, Schumacher membuat kontroversi dengan menabrakkan mobilnya pada sisi lintasan ketika sesi kualifikasi. Hal ini ia lakukan untuk melindungi pole position karena sesi kualifikasi terpaksa dihentikan. (Foto: AFP/Damien Meyer)
Michael Schumacher membuat kontroversi dengan melakukan blok kepada Hakkinen pada GP Belgia tahun 2000. Walapun mobil Hakkinen hanya mengalami kerusakan kecil dan dapat memenangkan lomba tersebut, tindakan ini dapat berpotensi menjadi kecelakaan fatal. (Foto: AFP/Belga/Olivier Hoslet)

Berita Terkait