Foto Trivia: 10 Pembalap yang Pernah Kantongi Podium di MotoGP dan Superbike

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 02 Jul 2021, 18:13 WIB
Mick Doohan mengikuti ajang balap Superbike pertama dan satu-satunya pada tahun 1988. Ia sukses menyabet tiga kemenangan dari empat balapan. Berkat prestasinya, ia direkrut oleh tim Honda pada tahun 1989. Pada tahun 1998 ia berhasil menjadi juara dunia di MotoGP. (Foto: AFP/John Morris)
Ben Spies merupakan juara dunia Superbike 2009. Karirnya di MotoGP berawal ketika dirinya ditunjuk oleh Yamaha karena hengkangnya pembalap andalan mereka Valentino Rossi. Ia berhasil naik podium sebanyak 14 kali dengan total 462 poin pada musim debutnya. (Foto: AFP/Andrew Yates)
John Kocinski memulai debutnya di MotoGP setelah dirinya berhasil menyabet gelar juara dunia di kelas 250 cc. Ia langsung bertengger di peringkat keempat klasemen. Pada tahun 1996, ia pindah ke Superbike dan ia menduduki juara dunia pada musim berikutnya. (Foto: AFP/Upali Aturugiri)
Cal Crutchlow mengawali karirnya di Superbike dan pada musim 2010 ia berhasil podium sebanyak tiga kali hingga membuatnya menempati urutan kelima klasemen. Semusim berselang ia pindah ke MotoGP, dan baru meraih kemenangan di tahun 2016 dengan total dua kali race. (Foto: AFP/Karim Jaafar)
Nicky Hayden adalah juara dunia MotoGP pada tahun 2006, mematahkan dominasi Rossi dalam lima musim sebelumnya. Hayden awalanya berkarir di Superbike di tahun 2002. Ia kembali lagi ke Superbike pada tahun 2016 dan sukses meraih podium pada musim debutnya. (Foto: AFP/Javier Soriano)
Carlos Checa meraih podium pertamanya di MotoGP pada musim 1996 di Sirkuit Catalunya, Spanyol. Karirnya di MotoGP tak begitu bagus dan ia memilih pindah ke Superbike pada tahun 2008. Nasib berbeda ketika di Moto GP, ia malah menyabet gelar juara dunia pada tahun 2011. (Foto: AFP/Glyn Kirk)
Marco Melandri sukses bertengger di posisi kedua MotoGP pada tahun 2005 dibawah Rossi. Penampilannya di balap bergengsi itu semakin menurun dan ia memutuskan pindah ke ajang Superbike. Keputusannya tak salah, ia berhasil posisi runner up di musim pertama debutnya. (Foto: AFP/Kirill Kudryavtsev)
Troy Bayliss merupakan legenda di ajang balap motor Supebike. Ia telah tiga kali memangi kejuaraan tersebut (2001, 2006, dan 2008). Ia pernah menjajal ajang MotoGP di tahun 2002 dan berhasil meraih tiga podium, namun karirnya tak membaik dan kembali ke Superbike. (Foto: AFP/Carl De Souza)
Max Biaggi sempat menjadi rival Valentino Rossi di awal karirnya di MotoGP. Ia meraup total 13 podium di ajang balap tersebut. Karena tak kunjung meraih gelar juara The Roman Emperor (julukan Biagi) berpindah ke Superbike dan sukses menyabet dua kali gelar juara dunia. (Foto: AFP/Frank Perry)
Makoto Tamada mangawali karir di Superbike dan podium pertamanya pada tahun 2001. Prestasinya itu membuat pabrikan Honda merekrutnya untuk berlaga di MotoGP. Tak salah ia langsung meraih podium di musim debut pertamanya ketika GP Brasil. (Foto: AFP/Kazuhiro Nogi)

Berita Terkait