Foto Piala Eropa: Kewalahan Hadapi Swiss hingga Babak Tambahan Adu Pinalti, Spanyol Akhirnya Melenggang ke Babak Semifinal Euro 2020

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 03 Jul 2021, 02:53 WIB
Pertandingan perdana perempat final Euro 2020 dimenangkan oleh Spanyol usai taklukkan Swiss hingga babak tambahan adu penalti. Spanyol yang unggul jumlah pemain di babak kedua tak mampu mengakhiri pertandingan di babak reguler dan babak tambahan dua kali 15 menit. (Foto: AP/Pool/Maxim Shemetov)
Spanyol mendominasi laga di awal babak pertama. Delapan menit berselang, tendangan yang dilesatkan Jordi Alba membentur kaki Denis Zakaria dan tak dapat diantisipasi oleh Yann Sommer sehingga berbuah menjadi gol. Spanyol langsung unggul 1-0 atas Swiss. (Foto: AFP/Pool/Kirill Kudryavtsev)
Gawang Yann Sommer digempur beberapa kali oleh pemain Spanyol. Peluang emas tandukan Cesar Azpilicueta (kiri) masih dapat diamankan oleh penjaga gawang 32 tahun ini. Swiss benar-benar terkunci di seperempat lapangan. (Foto: AFP/Pool/Maxim Shemetov)
Permainan Swiss baru berkembang setelah menit ke-35 berjalan. Xherdan Shaqiri mampu merepotkan barisan pertahanan Spanyol. Namun rapatnya lini belakang Spanyol memaksa Swiss harus ketinggalan hingga akhir babak pertama usai. (Foto: AP/Pool/Kirill Kudryavtsev)
Swiss terlihat lebih banyak menekan di awal babak kedua. Pada menit ke-65 Steven Zuber (kiri) melesatkan bola dari dalam kotak penalti berkat kerja sama dengan Ruben Vargas. Namun peluang emas ini mampu dihalau oleh Unai Simon. (Foto: AP/Pool/Kirill Kudryavtsev)
Skor penyeimbang akhirnya tiba di menit ke-68. Xherdan Shaqiri berhasil mengkonversi umpan Remo Freuler dengan melesatkan tendangan akurat ke pojok kanan gawang. Papan skor berubah menjadi 1-1. (Foto: AP/Pool/Dmitri Lovetsky)
Swiss harus bertanding dengan 10 pemain setalah Remo Freuler diganjar kartu merah oleh wasit Michael Oliver pada menit ke-77. Ia dianggap melakukan tekel berbahaya kepada Gerrard Moreno. (Foto: AFP/Pool/Anton Vaganov)
Tensi pertandingan menjadi lebih tinggi. Swiss semakin berambisi untuk membalikkan keadaan, sedangkan Spanyol berusaha untuk merebut kemenangan. Namun hingga peluit babak kedua dibunyikan, kedudukan imbang tetap menghiasi papan skor. (Foto: AP/Pool/Kirill Kudryavtsev)
Pertandingan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu 2 x 15 menit. Walapun kekurangan jumlah pemain, Swiss dapat menahan imbang Spanyol hingga babak tambahan ini usai. Adu penalti pun menjadi peruntungan mereka. (Foto: AFP/Pool/Anton Vaganov)
Mikel Oyarzabal menjadi pemain penentu adu penalti ini setelah empat dari lima penalti Swiss gagal bersarang ke gawang Spanyol. La Furia Roja sendiri hanya gagal di dua kali penalti yang dieksekusi oleh Sergio Busquets dan Rodri. (Foto: AFP/Pool/Anton Vaganov)
Spanyol akhirnya keluar sebagai pemenang di babak perempatfinal Piala Eropa 2020 ini. Mereka akan melawan pemenang antara Belgia dan Italia di semifinal nantinya. (Foto: AFP/Pool/Kirill Kudryavtsev)

Berita Terkait