Foto Piala Eropa: Sisi Menarik Unai Simon, Kiper Tangguh yang Membuat David De Gea Menjadi Cadangan di Euro 2020

oleh Muhammad Iqbal Ichsan diperbarui 06 Jul 2021, 15:33 WIB
Penjaga gawang Timnas Spanyol, Unai Simon, merupakan pemain jebolan akademi Athletic Bilbao pada 2011. Namun baru di tahun 2018 ia mampu menembus tim senior Bilbao. (Foto:AP/Martin Meissner, Pool)
Kepergian Kepa Arrizabalaga dari Athletic Bilbao ke Chelsea pada 2018 menjadi berkah tersendiri bagi Unai Simon. Ia akhirnya menjalani debut di LaLiga pada 20 Agustus 2018 dan berhasil membawa Bilbao mengalahkan Leganes dengan skor 2-1. (Foto:AP/Dmitri Lovetsky, Pool)
Sebagai pesepak bola yang berposisi sebagai kiper, Unai Simon merupakan penggemar berat legenda timnas Italia, Gianluigi Buffon. Sosok Buffon menjadi panutannya dalam menempuh karier profesional di lapangan hijau. (Foto:AP/Maxim Shemetov, Pool)
Musim 2020/2021 menjadi momen spesial dalam karier profesional Unai Simon. Ia berhasil merengkuh trofi perdana bersama Athletic Bilbao dengan menjuarai Piala Super Spanyol usai mengalahkan Barcelona dengan skor 3-2. (Foto:AP/Dmitri Lovetsky, Pool)
Sedangkan di Liga Spanyol, ia membawa Athletic Bilbao mengakhiri musim di posisi ke-10. Disepanjang La Liga, posisi Unai Simon sebagai kiper utama juga tak tergantikan. (Foto:AP/Maxim Shemetov, Pool)
Penampilannya yang konsisten bersama Athletic Bilbao membuat namanya dipanggil Luis Enrique untuk membela timnas Spanyol. Berawal dari menjadi kiper pelapis De Gea kini Unai Simon menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Tim Matador. (Foto:AP/Martin Meissner, Pool)