Foto Trivia: 5 Pemain Peraih Ballon d'Or dari Negara Kuda Hitam Sepak Bola

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 06 Jul 2021, 16:53 WIB
Andriy Shevchenko merupakan satu-satunya pemain Ukraina yang pernah meraih Ballon d'Or sampai saat ini. Ia tampil tajam bersama AC Milan pada musim 2003/2004 dengan menorehkan 24 gol. Berkatnya AC Milan berhasil rebut gelar Scudetto musim tersebut. (Foto: AFP/Paco Serinelli)
Pavel Nedved meraih Ballon d'Or satu musim sebelum Shevchenko. Pemain berkebangsaan Republik Ceska ini berhasil antar Juventus meraih gelar juara Serie A pada musim 2002/2003. Ia tercatat membukukan 14 gol dan 17 assist dalam 46 laga di semua pertandingannya. (Foto: AFP/Michal Svacek)
Hristo Stoichkov bersama Bulgaria mampu mengejutkan dunia ketika mereka dapat finish peringkat keempat Piala Dunia 1994. Selain itu, Stoichkov juga mengantar Barcelona meraih juara LA Liga pada musim 1993/1994. Pantas jika dirinya dianugerahi penghargaan Ballon d'Or. (Foto: AFP/Gerard Julien)
Legenda Manchester United, Denis Law (kiri) pernah meraih Ballon d'Or di tahun 1964. Pemain Skotlandia ini mampu tampil gemilang pada musim itu dengan mengoleksi 41 gol dari 39 laga di semua ajang. Ia juga dinobatkan sebagai top scorer ketiga sepanjang masa bagi Setan Merah. (Foto: AFP/Andrew Yates)
George Weah menjadi sejarah dunia sepak bola karena ia menjadi satu-satunya pemain sepak bola yang berasal dari Benua Afrika yang pernah meraih Ballon d'Or. Pemain Liberia ini mampu menghadiahkan dua trofi untuk PSG sebelum pindah ke AC Milan. (Foto Kolase: AFP/Gerard Julien & Carlo Ferraro)