Foto: 7 Medali Emas Bulu Tangkis Indonesia pada Ajang Olimpiade, Berharap Tambah di Olimpiade Tokyo 2020

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 20 Jul 2021, 12:19 WIB
Pasangan ganda campuran, Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad menjadi peraih medali emas Olimpiade Rio De Janeiro 2016 setelah kalahkan pebulu tangkis Malaysia, Liu Ying Goh dan Peng Soon Chan. Mereka berhasil menghentikan puasa gelar pada ajang Olimpiade sebelumnya. (Foto: AFP/Goh Chai Hin)
Pasangan ganda putra, Hendra Setiawan dan Markis Kido menyumbangkan medali emas untuk Indonesia pada Olimpiade Beijing tahun 2008 silam. Mereka berdua mampu takhlukkan pasangan tuan rumah, Cai Yun dan Fu Haifeng di partai puncak. (Foto: AFP/Goh Chai Hin)
Pebulu tangkis tunggal putra, Taufik Hidayat (tengah) berhasil kalahkan Shon Seung-mo dari Korea Selatan di babak final Olimpiade Athena 2004. Dirinya menjadi satu-satunya kontingen yang mampu bawa medali emas untuk Indonesia di ajang Olimpiade itu. (Foto: AFP)
Pada Olimpiade Sydney tahun 2000, pasangan ganda putra, Tony Gunawan dan Chandra Wijaya (tengah) berhasil bawa medali emas untuk Indonesia. Mereka berhasil kandaskan Lee Dong Soo dan Yoo Yong Sung (kiri) pasangan dari Korea Selatan. (Foto: AFP/Robyn Beck)
Pada Olimpiade Atlanta tahun 1992, pasangan ganda putra Rexy Mainaky dan Ricky Subagja berhasil tekuk pasangan Malaysia, Cheah Soon Kit dan Yap Kim Hock dalam tiga set di partai final. Mereka menjadi satu-satunya kontingen Indonesia yang berhasil bawa medali emas kala itu. (Foto: AFP/Robyn Beck)
Pebulu tangkis tunggal putra, Alan Budi Kusuma berhasil meraih medali emas di Olimpiade Barcelona tahun 1992. Uniknya, di partai final dirinya bertarung melawan rekan sesama Indonesia yaitu Ardy Wiranata. (Foto: AFP/Alberto Martin)
Pada Olimpiade Barcelona 1992, bulu tangkis tunggal putri juga berhasil sabet emas lewat Susi Susanti. Dirinya berhasil tekuk pebulu tangkis Korea Selatan, Bang Soo-hyun selama tiga set. Indonesia akhirnya raih dua medali emas di edisi Olimpiade ini. (Foto: AFP/Tommy Cheng)

Berita Terkait