Foto: 3 Kali Tampil di Olimpiade, Greysia Polii Ditemani 3 Partner Berbeda, Apriyani Rahayu Terbaru

oleh Hendriyan diperbarui 20 Jul 2021, 17:43 WIB
Pemain bulu tangkis ganda putri Indonesia berusia 33 tahun, Greysia Polii akan mencetak hattrick di Olimpiade Tokyo 2020. Tampil untuk ketiga kalinya setelah 2012 dan 2016 ia kembali tampil dengan partner berbeda seperti dua Olimpiade sebelumnya. (Foto: AFP/Badminton Association of Thailand)
Pertama kali tampil di Olimpiade adalah saat Olimpiade London 2012, Inggris. Greysia Polii saat itu berpasangan dengan Meiliana Jauhari yang mulai dipasangkan sejak Januari 2010. (Foto: AFP/Adek Berry)
Kontroversi terjadi. Greysia Polii/Meiliana Jauhari bersama 3 pasangan lain, 2 dari Korea dan 1 dari Cina didiskualifikasi pada laga terakhir fase grup. Mereka dianggap tidak bermain serius dan berusaha kalah untuk memanipulasi undian di babak gugur. (Foto: AFP/Adek Berry)
Pada laga tersebut, Greysia Polii/Meiliana Jauhari "mengalah" 1-2 (21-18, 14-21, 12-21) dari pasangan Korea yang juga beurusaha "mengalah", Ha Jung-eun/Kim Min-jung yang akhirnya juga didiskualifikasi. (Foto: AFP/Adek Berry)
Penampilan kedua Greysia Polii di Olimpiade adalah saat Olimpiade 4 tahun berikutnya di Olimpiade Rio 2016, Brasil. Greysia Polii saat itu berpasangan dengan Nitya Krishinda Maheswari, mantan pasangannya yang pertama kali dipadukan pada 2009. (Foto: AFP/Ed Jones)
Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari yang menempati unggulan ke-3 sukses menyapu 3 kemenangan di fase grup dan lolos ke babak perempatfinal sebagai juara grup. Sayang, mereka disingkirkan oleh pasangan Cina, Tang Yuanting/Yu Yang dua gim langsung, 11-21 dan 14-21. (Foto: AFP/Ed Jones)
Kini, Greysia Polii menatap Olimpiade ketiganya bersama Apriyani Rahayu yang mulai dipasangkan sejak Mei 2017. Menempati Grup A bersama unggulan pertama dari Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota. Keduanya diprediksi lolos dari fase grup menuju perempatfinal. (Foto: AFP/Wang Zhao)