Foto: 6 Atlet Belia di Olimpiade Tokyo 2020, Petenis Meja Putri Suriah Hend Zaza Termuda

oleh Hendriyan diperbarui 20 Jul 2021, 20:23 WIB
Ajang multievent Olimpiade tidak hanya diikuti para atlet senior yang kaya pengalaman. Pesta olahraga 4 tahunan ini juga diikuti para atlet belia yang memiliki prestasi apik. Seperti pada Olimpiade Tokyo 2020 ini, tercatat ada 6 atlet belia di dalamnya. Siapa saja? (Foto: AFP/Louai Beshara)
Brighton Zeuner. Atlet skateboard putri asal Amerika Serikat ini tepat berusia 17 tahun pada 14 Juli lalu. Pada tahun 2017 saat berusia 13 tahun dirinya sukses merih medali emas ajang X-Games Minneapolis dan mempertahankannya pada ajang yang sama pada 2018. (Foto: AFP/Getty Images/Sean M. Haffey)
Katie Grimes. Perenang putri Amerika Serikat berusia 15 tahun ini mengikuti jejak seniornya Katie Ledecky yang juga berusia 15 tahun saat diturunkan pada Olimpiade London 2012. (Foto: AFP/Getty Images/Maddie Meyer)
Chen Yuxi. Atlet loncat indah putri Cina berusia 15 tahun ini akan menjadi andalan untuk meraih medali emas di nomor papan 10 meter. Ia juga berstatus sebagai juara dunia untuk nomor papan 10 meter pada kejuaraan dunia tahun 2019. (Foto: AFP/Ed Jones)
Quan Hongchan (tengah). Atlet loncat indah putri Cina berusia 14 tahun ini juga akan berlaga di nomor papan 10 meter seperti rekannya, Chen Yuxi. Quan Hongchan merupakan satu-satunya peloncat indah putri yang belum sekalipun menyabet gelar juara dunia. (Foto: scmp.com)
Sky Brown. Atlet skateboard putri Inggris asal Jepang berusia 13 tahun ini merupakan atlet skateboard profesional termuda di dunia. Ia memecahkan rekor atlet termuda Inggris yang sebelumnya dipegang perenang putri Margery Hinton di Olimpiade Amsterdam 1928. (Foto: AFP/Getty Images/Sean M. Haffey)
Hend Zaza. Dengan usia 11 tahun, petenis meja putri Suriah ini akan menjadi atlet termuda di Olimpiade Tokyo 2020. Pemain yang berperingkat 155 dunia ini lolos ke Olimpiade Tokyo setelah menjuarai turnamen kualifikasi zona Asia Barat di Yordania. (Foto: AFP/Louai Beshara)