Foto: Sejarah Baru Jepang, Momiji Nishiya Menjadi Atlet Peraih Medali Emas Termuda Setelah Menang di Cabor Skateboard Olimpiade Tokyo 2020

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 26 Jul 2021, 20:13 WIB
Atlet tuan rumah Jepang, Momiji Nishiya menjadi peraih medali emas pada cabang olahraga skateboard kategori jalanan putri di Olimpiade Tokyo 2020. Cabang olahraga skateboard sendiri baru menjalani debutnya di Olimpiade edisi kali ini. (Foto: AP/Ben Curtis)
Atlet 13 tahun ini mampu koleksi poin sebanyak 15,26 unggul dari atlet Brasil, Rayssa Leal yang berhasil catatkan 14,64 poin. Di posisi ketiga ditempati oleh rekan senegara Momiji Nishiya, Nakayama Funa yang mengantongi poin sebanyak 14,49. (Foto: AFP/Lionel Bonaventure)
Nishiya berhasil teruskan penampilan cemerlang rekan senegaranya, Yuto Horigome yang terlebih dulu meraih medali emas di kategori skateboad putra pada Minggu, 25 Juli 2021. (Foto: AP/Ben Curtis)
Ada fakta unik, gadis yang akan menginjak 14 tahun di 30 Agustus 2021 ini, belum mengantongi surat izin mengemudi (SIM) di negaranya. Jepang sendiri menetapkan batas minimal umur untuk mendapatkan izin berkendara di jalan adalah 16 tahun, masih kurang tiga tahun untuk Nishiya. (Foto: AP/Ben Curtis)
Momiji Nishiya juga catat sejarah baru bagi Jepang, yaitu menjadi atlet termuda yang mampu meraih medali emas di ajang Olimpiade. Dirinya menyalip Kyoko Iwasaki yang sukses sabet medali emas di umur 14 tahun. (Foto: AP/Ben Curtis)