Foto: Vettel Didiskualifikasi dari Posisi Kedua Formula 1 GP Hungaria, Aston Martin Berniat Ajukan Banding

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 02 Agu 2021, 10:37 WIB
Sebastian Vettel didiskualifikasi dari posisi kedua Formula 1 GP Hungaria akibat gagal memberikan sampel bahan bakar yang cukup setelah balapan. Steward hanya mampu mengambil 0,3 liter dari dalam mobil AMR20, sedangkan di regulasi seharusnya 1,0 liter. (Foto: AP/Pool/David W Cerny)
Angka tersebut diperoleh dari perhitungan menggunakan FFM atau model Injektor. Menurut regulasi FIA dalam Art. 6.6.2, kompetitor harus memastikan ada 1,0 liter bahan bakar yang bisa diambil dari mobil kapan pun waktunya. (Foto: AP/Darko Bandic)
Pendapat berbeda diungkapkan oleh Prinsipal Tim Aston Martin. Mereka menyebut bahwa setidaknya masih ada 1,74 liter yang masih ada di dalam mobil nomor 5 tersebut, namun hanya bisa diambil oleh steward GP Hungaria sebanyak 0,3 liter, masih menyisakan 1,44 liter. (Foto: AFP/Peter Kohalmi)
Tim Aston Martin yakin jika masalah dengan pompa bahan bakar yang membuat Vettel berhenti sebelum memasuki Parc Ferme dapat menjelaskan permasalahan tersebut. Mereka juga berniat mengajukan banding setelah melihat hasil dari pemeriksaan tim FIA. (Foto: AFP/Pool/Florin Goga)
Hal tersebut membuat semua pebalap naik satu tingkat dari posisi awalnya kecuali Esteban Ocon yang tetap menempati podium pertama, sehingga posisi kedua menjadi milih Hamilton, dan posisi ketiga ditempati oleh Carlos Sainz. (Foto: AFP/Pool/Florin Goga)

Berita Terkait