Foto: Marco Asensio Tentukan Kemenangan 1-0 atas Jepang dan Loloskan Spanyol ke Final Olimpiade Tokyo 2020

oleh Hendriyan diperbarui 03 Agu 2021, 22:47 WIB
Timnas U-23 Spanyol lolos ke final cabang sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020 usai mengalahkan Jepang 1-0 melalui babak perpanjangan waktu dalam laga semifinal di Saitama Stadium, Selasa (3/8/2021) malam WIB. Di final, Spanyol akan bersua dengan Brasil. (Foto: AP/Silvia Izquierdo)
Di awal babak pertama Spanyol lebih menguasai jalannya permainan. Peluang pertama Spanyol didapat pada menit ke-10 melalui Mikel Merino yang melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti. Sayang, tendangannya masih dapat diblok pemain belakang Jepang. (Foto: AFP/Anne-Christine Poujoulat)
Pada menit ke-32 Spanyol mendapat peluang kedua melalui Mikel Oyarzabal. Menerima umpan dari Oscar Gil hasil kerjasama dengan Pedri, tembakan Mikel Oyarzabal masih melenceng dari gawang Jepang. (Foto: AFP/Jonathan Nackstrand)
Jepang mulai mendapat angin pada menit ke-34. Tusukan Takefusa Kubo dari sisi kiri ke dalam kotak penalti diteruskan dengan sebuah tendangan yang masih dapat diblok bek Spanyol. (Foto: AP/Silvia Izquierdo)
Memasuki babak kedua, tepatnya di menit ke-55, Spanyol sempat mendapat hadiah penalti usai Mikel Merino dijatuhkan Maya Yoshida di dalam kotak penalti. Usai mencermati VAR, wasit menganulir hukuman penalti dan kartu kuning untuk Maya Yoshida. (Foto: AFP/Anne-Christine Poujoulat)
Pada menit ke-86 Spanyol kembali mendapat peluang. Tendangan keras yang dilepaskan Martin Zubimendi kembali dapat diblok pemain belakang Jepang. (Foto: AP/Silvia Izquierdo)
Di akhir babak kedua, tepatnya di menit ke-90 Spanyol lagi-lagi membuang peluang. Rafa Mir melepaskan tendangan dari jarak dekat yang masih mampu ditangkap kiper Jepang, Kosei Tani. Babak kedua berakhir 0-0. (Foto: AP/Martin Mejia)
Laga dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu 2x15 menit. Pada babak kedua perpanjangan waktu, tepatnya menit ke-116 Spanyol berhasil memecah kebuntuan. Marco Asensio mencetak gol via sepakan kaki kiri ke tiang jauh tanpa bisa dijangkau Kosei Tani. (Foto: AFP/Anne-Christine Poujoulat)
Di sisa laga, Jepang gagal menyamakan skor hingga peluit akhir. Spanyol menang 1-0 dan lolos ke final menantang juara bertahan Brasil untuk memperebutkan medali emas. Sementara Jepang akan menghadapi Meksiko dalam laga perebutan medali perunggu. (Foto: AP/Silvia Izquierdo)