Foto: Selain Lionel Messi, Berikut Ini Kapten Tim Barca yang Pergi Secara Gratis

oleh Ikhwan Yanuar Harun diperbarui 07 Agu 2021, 15:33 WIB
Lionel Messi yang beberapa tahun terakhir mengemban ban kapten dengan berat hati harus meninggalkan Barcelona dengan status bebas transfer. Selain Messi. beberapa mantan kapten klub tersebut juga meninggalkan Barcelona dengan cuma-cuma. (Foto: AFP/Josep Lago)
Sergi Barjuan mengemban tugas sebagai seorang kapten selepas hengkangnya Pep Guardiola ke Italia di tahun 2001. Selama berkarier di Barcelona sejak tahun 1993 hingga 2002, Sergi memainkan 460 pertandingan di seluruh kompetisi dan menorehkan catatan 14 gol. (Foto: AFP/Raymond Rutting)
Berjalan singkat, tugas tersebut tak diemban lama sebab Sergi Bajuan dilepas ke Atletico Madrid secara gratis di musim berikutnya. Ia pun sempat mengantarkan Barca tiga kali menjuarai LaLiga, dua kali Piala Spanyol. (Foto: AFP/Javier Soriano)
Selepas kepergian Gheorghe Popescu ke Galatasaray pada 1997, Pep Guardiola ditunjuk menjadi kapten tim dan langsung membawa klub asal Catalan itu menjadi juara LaLiga dua musim beruntun. (Foto: AFP/Christophe Simon)
Bermain di Camp Nou hingga 2001, Guardiola sempat bermain untuk Brescia dan AS Roma sebelum pensiun pada tahun 2006 dan sempat menjadi pelatih Barcelona yang mengantarkan Lionel Messi menjadi pemain kelas dunia. (Foto: AFP/Lluis Gene)
Xavi ditunjuk sebagai kapten Barcelona seiring dengan pensiunnya Carles Puyol di tahun 2014. Di bawah kepemimpinannya, Blaugrana sukses meraih trofi LaLiga, Copa del Rey, dan Liga Champions Eropa musim 2014/2015. (Foto: AFP/Franck Fife)
Hanya semusim mengemban tugas sebagai seorang kapten, Xavi dilepas Barcelona dengan gratis ke klub asal Qatar, Al Sadd. (Foto: AFP/Lluis Gene)
Kepergian Xavi ke Qatar membuat ban kapten Barcelona otomatis diserahkan kepada Andres Iniesta. Memimpin tim sejak 2015 hingga 2018, Iniesta berhasil mengantarkan Barcelona dua kali meraih juara LaLiga dan tiga kali Copa del Rey. (Foto: AFP/Lluis Gene)
Setelah memperkuat Barcelona selama 16 tahun, pada Mei 2018 Iniesta resmi meninggalkan Lionel Messi dan kawan-kawan dan dipinang klub Vissel Kobe dengan status bebas transfer. (Foto: AFP/Josep Lago)

Berita Terkait