Foto: Brasil Raih Medali Emas usai Bungkam Spanyol di Final Sepak Bola Putra Olimpiade Tokyo 2020

oleh Ikhwan Yanuar Harun diperbarui 07 Agu 2021, 23:02 WIB
Dani Alves dan Richarlison berpose dengan medali emas Olimpiade Tokyo 2020. Bagi Brasil, ini adalah medali emas kedua di Olimpiade, setelah sebelumnya menjadi juara pada 2016 di Rio de Janeiro. (Foto: AP/Fernando Vergara)
Duel final berjalan sengit sejak menit awal. Aksi jual beli serangan saling diperagakan oleh kedua tim. Namun, dua peluang tersebut masih bisa digagalkan kiper. (Foto: AP/Fernando Vergara)
Masuk menit ke-34, Brasil mendapatkan hadiah penalti setelah Matheus Cunha dijatuhkan Unai Simon di kotak terlarang. Richarlison yang maju sebagai algojo gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Bola hasil tendangan 12 pas Richarlison melayang jauh di atas mistar gawang. (Foto: AP/Fernando Vergara)
Pada menit ke-45+2, Timnas Brasil akhirnya mampu unggul lebih dulu. Umpan Dani Alves mampu dituntaskan Matheus Cunha menjadi gol dengan tembakan kaki kanan. Hingga jeda, skor 1-0 untuk keunggulan Brasil tetap bertahan. (Foto: AP/Andre Penner)
Masuk paruh kedua, pertandingan masih berjalan menarik. Dani Alves maupun Pedri bermain apik mewakili masing-masing tim. (Foto: AP/Fernando Vergara)
Timnas Spanyol mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-61 lewat aksi Mikel Oyarzabal. Berawal dari umpan lambung Carlos Soler di sisi kanan, bola disambar Oyarzabal dengan tembakan kaki kiri. Si kulit bundar pun melesat mulus masuk ke gawang Timnas Brasil. (Foto: AP/Andre Penner)
Sampai waktu normal berakhir, skor imbang 1-1 tetap bertahan. Alhasil, pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan. (Foto: AP/Fernando Vergara)
Pada extra time, Timnas Brasil mampu mencetak gol kedua berkat sepakan Malcolm pada menit ke-108. Umpan lambung jauh yang dilepaskan Antony diterima dengan baik oleh Malcolm. Dengan tenang, eks gelandang Barcelona itu menjaringkan bola ke dalam gawang Unai Simon. (Foto: AP/Martin Mejia)
Sampai laga berakhir, skor 2-1 untuk kemenangan Timnas Brasil tetap bertahan. (Foto: AP/Fernando Vergara)

Berita Terkait