Foto: Tepati Janji Mendiang Ibu, Ryo Kiyuna Persembahkan Emas Olimpiade Tokyo 2020

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 08 Agu 2021, 13:37 WIB
Riyo Kiyuna menjadi atlet pertama Jepang yang mampu merebut medali emas pada cabang olahraga karate di Olimpiade Tokyo 2020. Gelar Olimpiadenya dedikasikan kepada mendiang ibunya yang terwakilkan dari sebingkai foto yang ia bawa ketika upacara penyerahan medali. (Foto: AP/Vincent Thian)
Atlet yang berasal dari Perfektur Okinawa tersebut mengungkapkan bahwa ibunya, yang meninggal pada 2019 silam, merupakan orang yang selalu mendukung dirinya sejak kecil. Ia berpikir bahwa ibunya akan tersenyum dan menangis di surga ketika dirinya berhasil persembahkan emas. (Foto: AP/Vincent Thian)
Pada pertandingan tersebut, Kiyuna (kiri kedua) berhasil mencetak 28,72 poin uggul 1,06 poin dari pesaingnya Damian Quintero (kanan kedua) dari Spanyol. Medali perunggu diraih oleh Ali Sofuoglu (kiri) dari Turki and Ariel Torres Gutierrez (kanan) dari Amerika Serikat. (Foto: AP/Vincent Thian)
Cabang olahraga karate sendiri memulai debutnya di Olimpiade Tokyo 2020 ini. Ada dua nomor yang dilombakan yaitu kata dan kumite. Dalam nomor kata, atlet melakukan serangkaian gerakan defensif dan ofensif yang menargetkan lawan yang tidak ada. (Foto: AP/Vincent Thian)
Emas Kiyuna merupakan medali kedua Jepang di karate, setelah Kiyou Shimizu mengklaim perak di kata putri pada hari Kamis (05/08/2021). Olimpiade Tokyo mungkin menjadi satu-satunya waktu olahraga tersebut ditampilkan karena di edisi berikutnya cabor ini telah dikeluarkan. (Foto: AP/Vincent Thian)

Berita Terkait