Hasil Piala Sudirman 2021: Jonatan Christie Tumbang, Greysia / Apriyani Bawa Indonesia Samakan Skor Kontra Kanada

oleh Rizki Hidayat diperbarui 28 Sep 2021, 00:27 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie gagal mengikuti jejak rekannya, Anthony Ginting lolos ke perempatfinal cabang bulu tangkis Olimpiade Tokyo2020. Jojo kalah 2 gim langsung di 16 Besar dari wakil Cina, Shi Yuqi, Kamis (29/7/2021) sore WIB. (Foto: AP/Dita Alangkara)

Bola.com, Vantaa - Tim Indonesia mendapat perlawanan sengit dari Kanada pada laga kedua Grup C Piala Sudirman 2021. Jonatan Christie yang tampil pada partai ketiga menelan kekalahan, namun Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih kemenangan dan membuat skor menjadi sama kuat.

Menjalani pertandingan di Energia Areena, Vantaa, Finlandia, Senin (27/9/2021) malam WIB, Jojo bersua tunggal putra Kanada, Brian Yang. Tampil dominan, Jonatan Christie berhasil mengunci kemenangan 21-9 atas Brian pada gim pertama.

Advertisement

Masuk gim kedua, pebulutangkis ranking tujuh dunia itu langsung tancap gas. Jojo sukses unggul 6-0 atas Brian. Sayangnya, Jonatan Christie gagal mempertahankan keunggulan tersebut.

Pukulan menyilang dan permainan net yang diperagakan Brian beberapa kali merepotkan Jojo. Hingga akhirnya, Jonatan Christie tertinggal 9-11 pada interval gim kedua.

Selepas jeda, Jojo mampu bangkit dan meraih empat poin secara beruntun. Jonatan Christie kembali memimpin 16-12. Tetapi lagi-lagi, Jojo dibuat kerepotan oleh Brian.

Skor pun menjadi sama kuat 20-20 dan memaksa laga berlanjut hingga deuce. Hingga akhirnya, Jonatan Christie harus mengakui keunggulan sang lawan dan kalah 20-22 pada gim kedua.

Memasuki gim penentuan, Jojo bermain bagus dan memimpin 4-0. Namun selepas itu, Jonatan Christie mulai kendor. Dia berbalik tertinggal dan akhirnya menyerah 18-21 dari Brian Yang. Indonesia tertinggal 1-2 dari Kanada. 

 

2 dari 3 halaman

Greysia/Apriyani Samakan Skor

Reaksi ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu (kiri) dan Greysia Polii saat melawan Chen Qing Chen dan Jia Yi Fan dari China pada final badminton ganda putri Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport, Senin (2/8/2021). Greysia / Apriyani menang 21-19 dan 21-15. (Alexander NEMENOV/AFP)

Pada partai keempat, Indonesia menurunkan duet ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Pasangan emas Olimpiade Tokyo 2020 itu bersua Rachel Chan/Catherina Choi.

Greysia/Apriyani tak menemui kesulitan untuk mengatasi perlawanan Rachel/Catherina. Meski sempat tertinggal pada awal-awal gim pertama, Greysia/Apriyani mampu bangkit dan mengunci kemenangan dengan skor 21-16.

Masuk gim kedua, Greysia/Apriyani tak membiarkan permainan Rachel/Catherina berkembang. Smash keras dan pukulan menyilang yang dilancarkan Greysia/Apriyani membuat Rachel/Catherina kewalahan.

Hingga akhirnya, Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil mengamankan kemenangan di gim kedua dengan skor 21-10. Greysia/Apriyani hanya membutuhkan waktu 37 menit untuk mengatasi perlawanan Rachel/Catherina.

Pada partai penentuan, Tim Indonesia menurunkan pasangan ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Rinov/Pitha akan menghadapi B.R Sankeerth/Crystal Lai.

Andai Rinov/Pitha berhasil mengalahkan Sankeerth/Crystal, Tim Indonesia akan mengunci kemenangan 3-2 atas Kanada, sekaligus lolos ke perempat final Piala Sudirman 2021. 

3 dari 3 halaman

Hasil pertandingan:

Tim Indonesia saat jalani latihan pertama di Vantaa, Finlandia (dok:PBSI)

Senin (27/9/2021):

Ganda putra:

  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto 21-16 21-10 B.R. Sankeerth/Nyl Yakura

Tunggal putri:

  • Rachel Chan 22-24, 21-8, 21-18 Ester Nurumi Tri Wardoyo

Tunggal putra:

  • Brian Yang 9 - 21, 22-20, 21-18 Jonatan Christie

Ganda putri:

  • Greysia Polii/Apriyani Rahayu Vs Rachel Chan/Catherina Choi

Ganda campuran:

  • Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari Vs B.R Sankeerth/Crystal Lai