Foto: Mikel Arteta dan Sederet Pelatih Berusia Muda di Liga Top Eropa pada Musim Ini

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 13 Okt 2021, 14:03 WIB
Mikel Arteta melanjutkan kariernya sebagai seorang asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City setelah pensiun dari Arsenal pada 2016. Saat ini, Arteta masih berumur 39 tahun dan telah menghabiskan dua musim bersama Arsenal, walapun belum mampu tampil baik. (AFP/Justin Tallis)
Andoni Iraola menjadi pelatih termuda Liga Spanyol musim ini, yaitu 39 tahun. Ia mampu membawa Rayo Vallecano menuju kasta utama Liga Spanyol. Bahkan, mereka mampu menempati urutan keenam klasemen sementara. (AFP/Nicos Savvides)
Pada musim ini, Thiago Motta ditunjuk untuk menggantikan Vincenzo Italiano untuk menukangi Spezia di umurnya yang masih 39 tahun. Meski tidak terlalu berjalan manis di awal kariernya sebagai pelatih, Motta tetaplah sosok mantan pemain yang penuh pengalaman. (AFP/Marco Bertorello)
Venezia menunjuk Paolo Zanetti sebagai pelatih kepala pada tahun 2020. Hebatnya, ia sukses mengantarkan Venezia promosi ke Liga Italia untuk pertama kalinya. Zanetti tercatat sebagi pelatih termuda kedua di Liga top Eropa, yaitu 38 tahun. (AFP/Tiziana Fabi)
Julian Nagelsmann dinobatkan sebagai pelatih termuda di liga top Eropa pada musim ini, yaitu 34 tahun. Ia ditunjuk untuk menangani Bayern Munchen setelah sukses bersama RB Leipzig selama tiga tahun. Munchen tercatat baru mengalami kekalahan satu kali hingga pekan ini. (AFP/Christof Stache)