Foto: Juara Piala Thomas 2020 Tanpa Bendera Negara, Pemain Bangga Menunjukkan Merah Putih di Dada

oleh Ikhwan Yanuar Harun diperbarui 18 Okt 2021, 00:22 WIB
Sudah menjadi tradisi pada ajang bulutangkis ketika bendera negara pemenang akan dikibarkan bersama lagu kebangsaan pada podium perayaan juara. Namun, Indonesia tak bisa merasakan momen-momen sakral tersebut di Piala Thomas 2020. (Tangkapan layar vidio.com)
Anthony Ginting pun menunjukkan bendera merah putih usai mengalahkan wakil China dalam final Piala Thomas 2020. (AFP/Ritzau Scanpix/Claus Fisker)
Pasangan ganda Indonesia, Fajar Alfian (kanan) melakukan hal yang sama. Ia dengan bangga menunjukkan bendera merah putih ke arah penonton yang memadati Ceres Arena. (Badminton Photo/Yohan Nonotte)
Bahkan Muhammad Rian Ardianto yang berpasangan dengan Fajar Alfian mencium lambang negara Indonesia tersebut sebagai bukti kecintaan terhadap tanah air. (Badminton Photo/Yohan Nonotte)
Jojo sapaan akrab Jonatan Christie tak mau kalah dengan rekan yang lain dalam mengekspresikan kemenangannya untuk Indonesia. Bendera merah putih yang dibawa oleh ofisial tim langsung ia ambil dan bentangkan kearah penonton. (Badminton Photo/Yves Lacroix)
Sejumlah warga negara Indonesia yang menonton dan memadati Ceres Arena pun tak tinggal diam. Sorak semangat sembari mengibarkan bendera Indonesia yang diberikan untuk tim bulutangkis Indonesia tak berhenti hingga pertandingan usai. (Badminton Photo/Yves Lacroix)
Namun beruntung Tim Merah Putih masih bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dapat kembali mengangkat trofi Piala Thomas 2020. (AP via Ritzau Scanpix/Claus Fisker)