Foto: Kilas Balik Pencetak Gol Timnas Indonesia Asuhan Alfred Riedl di Piala AFF 2016 yang Kembali Menjadi Langganan Runner-up

oleh Ikhwan Yanuar Harun diperbarui 26 Okt 2021, 16:08 WIB
Di matchday pertama Grup A Piala AFF 2016, Boas Salossa membuka gol pertama bagi Timnas Indonesia saat menghadapi Thailand di Philippine Sports Stadium pada menit ke-53. (AFP/Adek Berry)
Lerby Eliandry sempat menyamakan skor jadi 2-2 pada menit ke-56 sebelum akhirnya kalah oleh Thailand. (Bola.com/Peksi Cahyo)
Pada pertandingan kedua saat melawan tuan rumah Filipina, Fachruddin Wahyudi Aryanto (kiri) mencetak gol pembuka pada menit ke-7. (AFP/Stringer)
Timnas Indonesia lagi-lagi harus bekerja keras. Tim Garuda, yang sudah unggul 2-1 lewat Boas Salossa, terpaksa menelan pil pahit setelah Philip Younghusband mencetak gol penyama skor 2-2 pada menit ke-82. (AFP/Romeo Gacad)
Pertandingan ketiga di penyisihan Grup A melawan Singapura tak kalah menegangkan. Timnas Indonesia bangkit dengan gol Andik Vermansah menit ke-62 menyamakan kedudukan usai Singapura menjebol gawang Indonesia terlebih dahulu. (AFP/Ted Aljibe)
Stefano Lilipaly memastikan kemenangan Tim Garuda dengan skor 2-1. Indonesia pun melaju ke semifinal sebagai runner-up Grup A, di bawah Thailand yang jadi juara grup, dengan poin empat. (AFP/Ted Aljibe)
Memasuki laga semifinal leg pertama melawan Vietnam yang berlangsung di stadion Pakansari, Hansamu Yama berhasil mencetak gol pertama bagi timnas Indonesia melalui sundulan keras ke gawang Vietnam. (AFP/Bay Ismoyo)
Kapten timnas saat itu, Boaz Solossa kembali menunjukkan kehebatannya saat menjebol gawang dan menjadi penentu kemenangan atas Vietnam. (Bola.com/Peksi Cahyo)
Pada semifinal leg kedua, Indonesia bermain imbang 2-2 melawan Vietnam. lewat gol bunuh diri Tran Dinh Dong dan gol penyeimbang Manahati Lestusen di ujung babak kedua yang memastikan Indonesia lolos ke final Piala AFF 2016. (AFP/Hoang Dinh Nam)
Rizky Pora berhasil menjebol gawang sekaligus menyamakan kedudukan saat melawan Thailand pada laga final leg pertama Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)
Hansamu Yama berhasil mengunci kemenangan Indonesia atas Thailand pada laga final leg pertama Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari. (Bola.com/Peksi Cahyo)
Pada final leg kedua yang berlangsung di Thailand, timnas Indonesia asuhan Alfred Riedl harus mengakui keunggulan Thailand 2-0 dan Indonesia kembali menjadi langganan runner up di Piala AFF. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)