Foto: 6 Gelandang Jenius yang Menghiasi Sepak Bola Era 2000-an

oleh Muhammad Iqbal Ichsan diperbarui 29 Sep 2022, 15:07 WIB
Mantan pelatih Juventus ini berperan sentral mengantar AC Milan merengkuh trofi Liga Champions pada 2003 dan 2007. Andrea Pirlo merupakan pemain tengah jenius dengan kemampuan mendribel bola serta umpan-umpan berkelas yang memanjakan penyerang AC Milan kala itu. (AFP/Paco Serinelli)
Andres Iniesta berhasil membawa Barcelona bangkit dari keterpurukan di awal dekade 2000-an dan membuat Blaugrana jadi salah satu tim terbaik di dunia. Gelandang serba bisa dan jenius ini telah mempersembahkan 33 trofi untuk Barca. (AFP/Quique Garcia)
Frank Lampard merupakan salah satu gelandang cerdik di masanya. Berkat kepiawaiannya mengatur serangan The Blues sukses menyabet berbagai gelar juara bergengsi termasuk trofi Liga Champions perdana. (Alberto Pizzoli)
Pemain asal Inggris ini hanya memperkuat Manchester United sepanjang kariernya. Paul Scholes telah meraih 25 trofi bersama Setan Merah termasuk 11 gelar Premier League, dua Piala FA, dan dua trofi Liga Champions. (AFP/Paul Ellis)
Pria berkepala plontos ini merupakan maestro lini tengah. Selain piawai mengatur serangan ia juga tajam untuk urusan merobek jala lawan. Zinedine Zidane telah meraih berbagai gelar bergengsi mulai juara liga domestik Liga Champions, Piala Eropa hingga Piala Dunia. (AFP/Stphen Dunn)
Xavi dikenal sebagai gelandang yang kreatif, visioner dan berperan sebagai jantung permainan tiki-taka ala Barcelona. Selama 17 tahun memperkuat Blaugrana, Xavi meraih 8 gelar La Liga, 6 trofi Copa Del Rey, dan 4 titel Liga Champions. Sementara bersama Timnas ia berhasil membantu Spanyol menjuarai Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2012. (AFP/Josep Lago)

Berita Terkait