Xavi Hernandez Resmi Jabat Pelatih Barcelona, 5 Pemain Ini Terancam Angkat Kaki dari Camp Nou

oleh Rizki HidayatHendry Wibowo diperbarui 06 Nov 2021, 13:45 WIB
Barcelona - Luuk De Jong, Ousmane Dembele, Sergi Roberto (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Xavi Hernandez akhirnya resmi ditunjuk sebagai pelatih anyar Barcelona. Xavi sepakat menandatangani kontrak berdurasi tiga musim, atau sampai 30 Juni 2024.

Setelah memecat Ronald Koeman pada 27 Oktober lalu, Barca genjar memburu tanda tangan Xavi Hernandez. Manajemen Blaugrana pun langsung terbang ke Qatar untuk bertemu dengan Xavi beserta sang agen untuk membahas rencana kerja sama.

Advertisement

Mantan gelandang Timnas Spanyol itu pun mengatakan ketertarikannya untuk kembali ke Barcelona. Namun di satu sisi, dia masih terikat kontrak sebagai pelatih Al Sadd hingga 30 Juni 2023.

Direksi Al Sadd pun enggan melepas pelatih yang sukses mempersembahkan tujuh gelar juara tersebut. Mereka akan berupaya mempertahankan Xavi Hernandez hingga kontraknya berakhir.

Namun akhirnya, Al Sadd merelakan kepergian Xavi Hernandez. Pelatih berusia 41 tahun tersebut resmi diumumkan menjadi pelatih Barcelona pada Sabtu (6/11/2021) pagi WIB.

Kedatangan Xavi diharapkan bisa memperbaiki keadaan Barcelona pada musim ini. Barca masih terdampar di peringkat sembilan klasemen sementara La Liga dengan nilai 16, dan menghuni urutan kedua Grup E Liga Champions dengan nilai enam.

Kehadiran Xavi Hernandez juga berpotensi membuat sejumlah bintang Barcelona terdepak. Berikut ini lima pemain yang terancam tersingkir seiring kehadiran legenda Barcelona tersebut.

 

2 dari 7 halaman

Ousmane Dembele

Ousmane Dembele. Striker asal Prancis berusia 24 tahun ini didatangkan Barcelona pada awal musim 2017/20198 dari Dortmund, tiga musim sebelum kedatangan Ronald Koeman. Karena Cedera, bersama Koeman ia hanya tampil musim lalu dalam 44 laga dengan torehan 11 gol dan 5 assist. (AFP/Cristina Quicler)

Ousmane Dembele didatangkan Barcelona dari Borussia Dortmund seharga 105 juta euro pada tahun 2017 lalu. Sayangnya, kariernya di Camp Nou masih belum sesuai harapan.

Pemain asal Prancis tersebut sering menepi cukup lama karena cedera. Dembele sudah mencetak 30 gol dan 21 assist dari 118 penampilan bersama Blaugrana.

Kontrak Dembele bersama Barcelona akan habis pada akhir musim. Waktunya bersama raksasa Spanyol tersebut kemungkinan akan habis setelah kedatangan Xavi.

 

3 dari 7 halaman

Luuk de Jong

Luuk de Jong (kiri) kembali gagal memanfaatkan peluang tiga menit kemudian. Sepakan melengkungnya dari tepi kotak penalti masih berhasil ditepis kiper Dynamo Kiev, George Buschan. (AP/Joan Monfort)

Luuk de Jong datang ke Barcelona atas permintaan Ronald Koeman. Striker asal Belanda tersebut direkrut dari Sevilla dengan status pemain pinjaman.

Namun, De Jong masih belum menunjukkan performa yang mengesankan selama berseragam Barcelona. Dalam delapan pertandingan, De Jong hanya mencetak satu gol dan sering melewatkan kesempatan.

Mengingat performanya yang biasa-biasa saja, Ronald Koeman mungkin masih menoleransi De Jong. Namun, Xavi kemungkinan besar tidak ingin mempertahankan sang pemain di klub.

 

4 dari 7 halaman

Samuel Umtiti

Samuel Umtiti. Bek tengah ini didatangkan dari Lyon pada awal musim 2016/2017. Pada dua musim pertamanya ia sempat jadi pilihan utama di lini belakang Barcelona. Setelah itu performanya menurun dan lebih sering dicadangkan akibat cedera. Musim ini ia sama sekali belum dimainkan. (AFP/Pau Barrena)

Samuel Umtiti sempat menjadi pilihan utama di lini belakang Barcelona. Namun, pemain asal Prancis tersebut sekarang menjadi pemain terlupakan di Camp Nou.

Karier Umtiti di Barcelona dirusak cedera. Alhasil, performa sang bek tengah menurun dan kehilangan tempat di starting XI.

Umtiti belum turun ke lapangan pada musim ini. Xavi sepertinya tidak punya alasan kuat untuk mempertahankan Umtiti di skuatnya.

5 dari 7 halaman

Clement Lenglet

Clement Lenglet. Bek tengah ini didatangkan dari Sevilla pada awal 2018/2019 dengan ekspektasi jadi pilihan utama di lini belakang. Nyatanya ia sering dilanda cedera dan lebih banyak dicadangkan. Pada musim ini ia baru tampil 5 kali di semua ajang, kebanyakan dari bangku cadangan. (AFP/Pau Barrena)

Clement Lenglet didatangkan Barcelona dari Sevilla pada tahun 2018. Dia diharapkan bisa mengawal lini pertahanan Blaugrana secara reguler.

Sayangnya, Lenglet tidak menjadi pilihan utama di jantung pertahanan Barcelona belakangan ini. Pemain asal Prancis tersebut juga punya masalah dengan cedera.

Pada musim ini, Lenglet baru tampil lima kali di semua kompetisi untuk Barcelona. Xavi mungkin tidak bisa mengandalkan Lenglet untuk jangka waktu yang lama.

 

6 dari 7 halaman

Sergi Roberto

Sergi Roberto. Gelandang Spanyol berusia 29 tahun ini kini memasuki musim ke-9 bersama Barcelona. Ia adalah produk Akademi Barcelona yang mulai memperkuat tim senior pada musim 2013/2014. Total telah tampil dalam 306 laga di semua kompetisi dengan mencetak 11 gol. (Foto: AFP/Josep Lago)

Kontrak Roberto bersama Barcelona akan berakhir pada akhir musim nanti. Sang pemain sedang melakukan negosiasi untuk perpanjangan kontrak bersama Blaugrana.

Namun, Xavi mungkin tidak keberatan untuk melepas Roberto jika diangkat menjadi pelatih Barcelona. Terlebih Barca punya banyak pemain berkualitas di posisi Roberto.

Barcelona punya Nico Gonzalez, Ruqui Puig dan Gavi di lini tengah. Sementara itu, Sergino Dest juga tampil sangat mengesankan di posisi bek kanan.

Sumber: Tribuna

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 01/11/2021)

7 dari 7 halaman

Yuk Tengok Posisi Barcelona di Bawah Ini:

Berita Terkait