Foto: 5 Legenda yang Kembali untuk Melatih Klubnya dalam Satu Dekade Terakhir, Xavi Terbaru

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 06 Nov 2021, 16:03 WIB
Xavi Hernandez resmi ditunjuk oleh Barcelona sebagai pelatih untuk menggantikan Ronald Koeman. Ia diharapkan untuk mengembalikan permainan Barca, mengingat dirinya merupakan seorang mantan motor permainan yang mampu mempersembahan puluhan gelar bergengsi untuk Blaugrana. (AFP/Karim Jaafar)
Ole Gunnar Solskjaer merupakan mantan pemain Manchester United yang sukses mempersembahkan beberapa gelar seperti 6 titel Liga Inggris dan satu trofi Liga Champions. Pada Desember 2018, ia kembali ke Old Trafford sebagai pelatih Setan Merah untuk menggantikan Jose Mourinho. (AFP/Oli Scarff)
Andrea Pirlo merupakan mantan gelandang terbaik di masanya bersama Juventus. Setelah gantung sepatu, ia dipercaya untuk menangani Juventus U23. Pirlo akhirnya dipromosikan sebagai pelatih di tim utama pada 2020. Namun, ia dipecat usai gagal membawa Juve meraih gelar Serie A. (AFP/Alberto Lingria)
Frank Lampard ditunjuk sebagai pelatih Chelsea pada musim 2019/2020 usai performa apiknya bersama Derby County. Mantan gelandang The Blues tersebut melakukan yang hebat dengan mengorbitkan beberapa pemain muda seperti Mason Mount, Reece James dan Billy Gilmour. (AFP/Isabel Infates)
Zinedine Zidane merupakan pemain legendaris Real Madrid. Sebagai pelatih, Zizou juga sukses mempersembahkan 3 gelar Liga Champions, 2 gelar Liga Spanyol, 2 Piala Super Spanyol, 2 Piala Dunia Antarklub, dan 2 Piala Super UEFA dalam dua periode perdananya di Santiago Bernabeu. (AFP/Cristina Quicler)