57 Tim Bersaing di Turnamen Soeratin U-17 Piala Umuh Muchtar 2021, Mencari Bibit Pemain di Jawa Barat

oleh Erwin Snaz diperbarui 08 Nov 2021, 22:30 WIB
Konferensi pers dan peluncuran turnamen Soeratin U-17 Piala Umuh Muchtar 2021 di Gedung Asprov PSSI Jawa Barat, Senin (8/11/2021). (Bola.com/Erwin Snaz)

Bola.com, Bandung - Akan ada 57 tim dari berbagai daerah di Jawa Barat yang akan turut meramaikan gelaran Soeratin U-17 Piala Umuh Muchtar yang akan dimulai pada Kamis (11/11/2021). Kompetisi U-17 yang digelar Asprov PSSI Jawa Barat, Askab PSSI Bekasi, dan Umuh Muchtar ini akan menjadi pembinaan sekaligus pencarian bibit-bibit potensial sepak bola asal Jawa Barat.

Turnamen Soeratin U-17 ini akan dibuka di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Kamis (11/11/2021). Selain Stadion Wibawa Mukti yang akan menjadi arena pembuka dan penyelenggara pertandingan final, bakal ada enam lapangan lain yang disiapkan untuk menggelar Soeratin U-17 bertajuk Piala Umuh Muchtar itu.

Advertisement

Komisaris Persib Bandung yang namanya digunakan sebagai trofi turnamen ini, Umuh Muchtar, merasa gembira dengan pelaksanaan turnamen U-17 ini. Ia berharap turnamen ini bisa menjadi wadah pencarian bibit potensial sepak bola di Jawa Barat, khususnya juga untuk Bandung.

"Semua disiapkan atas keinginan saya. Mudah-mudahan bisa mencari bibit yang sangat potensial di Bandung dan Jawa Barat. Nanti kan terlihat siapa pemain yang bagus, dan tidak menutup kemungkinan bisa diboyong ke Persib," ujar Umuh Muchtar di Gedung Asprov PSSI Jawa Barat, Senin (8/11/2021).

"Kalau Persib bisa diperkuat pemain dengan 60 persen berasal dari Jawa Barat akan luar biasa. Semoga yang kami cita-citakan bisa terwujud," lanjutnya sembari berharap akan ada pemain-pemain jebolan Soeratin U-17 ini yang akan memperkuat Persib Bandung pada masa depan.

 

2 dari 2 halaman

Mengutamakan Protokol Kesehatan dan Kualitas Pertandingan

Komisaris Persib Bandung, Umuh Muchtar, memberikan sambutan dalam launching turnamen Soeratin U-17 yang digelarnya bersama Asprov PSSI Jawa Barat dan Askab PSSI Bekasi mulai Kamis (11/11/2021). (Bola.com/Erwin Snaz)

Ketua Asprov PSSI Jawa Barat, Tommy Apriantono, berharap peran Umuh Muchtar dalam pembinaan sepak bola usia muda ini bisa benar-benar menjadi pintu bagi pesepak bola usia muda untuk berkembang, termasuk membantu mimpi anak-anak menjadi pemain Persib pada suatu saat nanti.

"Jadi nantinya ada juga Umuh Muchtar U-15 dan U-16. Semoga kompetisi ini bisa dijaga protokol kesehatannya, dan tolong agar wasit menjaga integritasnya. Jangan sampai ada perkelahian, jangan sampai ada yang mengejar wasit. Itu jangan sampai terjadi di Jawa Barat," tegas Tommy.

Turnamen Soeratin U-17 Piala Umuh Muchtar ini akan mendapatkan dana pembinaan jika mampu berprestasi. Tim yang menjadi juara akan mendapatkan Rp30 juta.

Sementara itu, tim yang menjadi runner-up mendapatkan Rp20 juta. Tim peringkat ketiga mendapatkan Rp10 juta, sementara peringkat keempat mendapatkan Rp7,5 juta.

"Semoga semua berjalan lancar. Saya akan tetap mengawal terus. Doakan semua dan saya berharap nanti ada yang bisa dibawa ke Persib," tegas Umuh Muchtar.

 

Berita Terkait