Foto: Deretan 5 Kiper dengan Jumlah Clean Sheet Terbanyak di Abad ke-21, Gianluigi Buffon Teratas

oleh Hendriyan diperbarui 10 Nov 2021, 19:03 WIB
Tentunya menjadi kepuasan tersendiri apabila seorang kiper atau penjaga gawang mampu menjaga gawangnya tetap steril hingga akhir sebuah laga. Di abad ke-21 ini tercatat lima kiper hebat dengan total jumlah clean sheet terbanyak saat membela klub maupun Timnas. (AFP/Marco Bertorello)
Manuel Neuer. Kiper asal Jerman yang kini memperkuat Bayern Munchen ini total hanya membela dua klub sepanjang kariernya. Bersama Bayern Munchen dan Schalke ditambah saat membela Timnas Jerman, ia mampu mencetak 373 clean sheet dari total 816 laga. (AFP/Ronny Hartmann)
Pepe Reina. Kiper asal Spanyol yang kini memperkuat Lazio ini total telah memperkuat 8 klub sepanjang kariernya, termasuk Barcelona, Liverpool dan Napoli. Ditambah saat membela Timnas Spanyol, ia mampu mencetak 357 clean sheet dari total 885 laga. (LaPresse via AP/Spada)
Petr Cech. Kiper asal Republik Ceska yang telah memutuskan pensiun di Arsenal pada Juli 2019 ini telah memperkuat 5 klub sepanjang kariernya, termasuk Chelsea dan Arsenal. Ditambah saat membela Timnas Republik Ceska, ia mampu mencetak 397 clean sheet dari total 907 laga. (AFP/Damien Meyer)
Iker Casillas. Kiper asal Spanyol yang hanya memperkuat dua klub sepanjang kariernya, Real Madrid dan FC Porto ini telah memutuskan pensiun di FC Porto pada Agustus 2020. Ditambah saat membela Timnas Spanyol, ia mampu mencetak 440 clean sheet dari total 1049 laga. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)
Gianluigi Buffon. Kiper asal Italia yang kini memperkuat Parma di Serie B Liga Italia ini sebelumnya pernah berseragam Juventus dan PSG sepanjang kariernya. Dari ketiganya ditambah saat membela Timnas Italia, ia mampu mencetak 497 clean sheet dari total 1118 laga. (AFP/Marco Bertorello)