Waduh, Malaysia Pastikan Dion Cools Main Lawan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 18 Nov 2021, 12:51 WIB
Bek Malaysia, Dion Cools, saat ini bermain untuk klub Norwegia, FC Midtjylland , dan wajib diwaspadai Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020. (Instagram/@djcools21)

Bola.com, Kuala Lumpur - Kabar buruk datang untuk Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020. Manajer Timnas Malaysia, Datuk Mohd Yusoff Mahadi, memastikan Dion Cools akan tersedia saat laga terakhir penyisihan Grup B Piala AFF 2020 melawan Timnas Indonesia (19/12/2021).

Kehadiran Dion Cools tentu akan menjadi tambahan amunisi di Timnas Malaysia. Situasi ini tentu saja menjadi ancaman buat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Advertisement

Datuk Mohd Yusoff Mahadi memastikan Dion Cools menjadi pemain yang paling terakhir akan bergabung dengan Timnas Malaysia di Piala AFF 2020. Pemain naturalisasi itu bergabung dengan skuat Harimau Malaya usai membela FC Midtjylland melawan Brondby di Piala Denmark pada 13 Desember 2021.

"Ofisial kami sudah menghubunginya dan dia telah menyatakan minatnya untuk bergabung dengan Harimau Malaya di Piala AFF," kata Datuk Mohd Yusoff Mahadi seperti dikutip Bernama.

Kehadiran Dion Cools menambah kepercayaan diri Timnas Malaysia di Piala AFF 2020. Datuk Mohd Yusoff Mahadi berharap, Dion Cools bisa membantu pasukan Tan Cheng Hoe menjuarai Piala AFF edisi tahun ini.

"Sudah lama kami tidak menjuarai Piala AFF, lebih dari 10 tahun. Sejauh ini saya tidak bilang kami ingin juara lagi, namun targetkan final dulu," tegas Datuk Mohd Yusoff Mahadi.

FC Midtjylland mengizinkan Dion Cools bermain di Piala AFF 2020 bersama Timnas Malaysia karena kompetisi Liga Denmark sedang libur musim dingin. Liga Denmark libur selama dua bulan dan akan kembali kick-off pada 20 Februari 2022.

2 dari 3 halaman

Siapa Dion Cools?

Pemain Timnas Malaysia saat latihan jelang laga kualifikasi Piala Dunia di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9). Malaysia akan berhadapan dengan Indonesia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Dion Cools merupakan pemain keturunan yang dimiliki Timnas Malaysia untuk Piala AFF 2020. Dion Cools berasal dari ayah seorang Belgia dan ibu Malaysia.

Dion Cools saat ini berkarier di klub Norwegia, FC Midtylland. Pemain berusia 25 tahun itu bermain sebagai bek kanan.

Dion Cools menembus skuad senior Malaysia pada 2021. Sejauh ini, Dion Cools sudah tampil sebanyak tiga pertandingan.

3 dari 3 halaman

Agendakan Uji Coba

Striker Malaysia, Syafiq Ahmad, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Timnas Indonesia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Timnas Malaysia berencana melakoni uji coba melawan Timor Leste dalam waktu dekat. Rencana itu dilakukan untuk mematangkan persiapan jelang bertempur di Piala AFF 2020 melawan Timnas Indonesia.

Sekjen Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Saifuddin Abu Bakar, menyebut laga uji coba melawan Timor Leste diagendakan paling lambat akhir November 2021. Namun, Saifuddin Abu Bakar menyebut, pihaknya terlebih dahulu harus mendapatkan izin dari Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) lebih dulu karena berencana melakoni laga tersebut di Singapura.

"Setelah Brunei resmi mengundurkan diri dari Piala AFF 2020, hanya ada satu tim yang bisa kami atur untuk pertandingan persahabatan yaitu Timor Leste," kata Saifuddin Abu Bakar seperti dikutip Berita Harian.

"Namun, kami perlu mendapatkan persetujuan dari AFF karena ada syarat untuk mengatur pertandingan di Singapura. Sebab, kami masih tidak bisa bermain di Malaysia," tegas Saifuddin Abu Bakar.

Malaysia memang berbeda grup dengan Timor Leste sehingga tidak ada kepentingan untuk mengintip kekuatan masing-masing. Malaysia berada di Grup B, sedangkan Timor Leste menghuni Grup A.

Malaysia berada di Grup B bersama Vietnam, Timnas Indonesia, Kamboja, dan Laos. Peta persaingan cukup ketat mengingat masing-masing tim memasang target tinggi dalam turnamen kali ini.