Foto: Kiprah Kevin Diks di Pentas Eropa, Pemain Naturalisasi yang Diharapkan Shin Tae-yong Bisa Tampil di Piala AFF 2020

oleh Ikhwan Yanuar Harun diperbarui 19 Nov 2021, 08:21 WIB
Kevin Diks (kanan) lahir di Apeldoorn, Belanda, 6 Oktober 1996. Darah Maluku, Indonesia, mengalir di dalam tubuhnya yang berasal dari kakek dan neneknya. (AFP/Filippo Monteforte)
Kevin Diks saat ini memegang status warga negara Belanda. Diks pernah membela timnas Belanda pada level junior. Diks pernah bermain untuk tim U-19 dan U-21. (Twitter @KevinDiks_)
Kevin Diks merupakan pemain serba bisa. Meski berposisi asli sebagai bek kanan, ia juga bisa mengisi pos bek kiri, dan gelandang bertahan. (AFP/ANP/Jasper Ruhe)
Kemampuan istimewa lain dari pemain 25 tahun itu adalah mencetak gol. Dia sudah mencetak dua gol dari 15 laga di Superliga Denmark bersama Kopenhagen. Dia menjadi bek paling produktif di Kopenhagen sejauh ini. (AFP/ANP/Olaf Kraak)
Kevin Diks pernah menghadapi pemain-pemain top ketika memperkuat Feyenoord Rotterdam di Liga Champions 2017/2018. Saat bertemu Manchester City, Kevin Diks berduel dengan Sergio Aguero. (AFP/Oli Scarff)
Pada tahun 2002 dia mengasah talentanya di VIOS Vaassen hingga 2004. Bakatnya ikut dilirik Vitesse pada musim 2014 hingga 2016. Diks juga pernah bermain untuk Fiorentina, Empoli, dan juga Feyenoord. Kini Diks bermain untuk FC Kopenhagen. (Twitter @KevinDiks_)