Foto: Daftar Pelatih Top yang Pernah Berguru ke Ralf Rangnick Sang Profesor Gegenpressing

oleh Muhammad Iqbal Ichsan diperbarui 27 Nov 2021, 09:53 WIB
Jurgen Klopp - Juru taktik asal Jerman ini merupakan satu di antara pelatih yang menerapkan strategi gegenpresing. Pola permainan yang dikembangkan oleh Ralf Rangnick itu terbukti sukses membawa Liverpool merajai Inggris dan Eropa. (AFP/Paul Ellis)
Matthias Jaissle - Pelatih RB Salzburg ini merupakan salah satu juru taktik muda berbakat saat ini. Manajer yang digadang-gadang akan menjadi pelatih hebat di masa mendatang ini merupakan mantan anak asuh sekaligus murid langsung Ralf Rangnick saat di Hoffenheim. (AFP/Ronny Hartmann)
Thomas Tuchel - Pelatih Chelsea ini banyak menyerap ilmu dari Ralf Rangnick. Tuchel berguru langsung pada pelatih MU ini saat berada satu tim yakni di VfB Stuttgart. Pada 2000, Ralf Rangnick yang menjabat sebagai pelatih Stuttgart merekrut Thomas Tuchel untuk menangani tim junior. (AFP/Neil Hall)
Ralph Hasenhuttl - Pelatih asal Austria ini merupakan salah satu juru taktik yang menerapkan strategi Gegenpresing ala Ralf Rangnick. Gaya permainan tersebut terbukti membawa Southampton mampu bersaing di Liga Inggris. (AFP/Glyn Kirk)
Julian Nagelsmann - Pelatih berusia 34 tahun ini mengawali kariernya sebagai pelatih tim junior 1899 Hoffenheim pada 2010. Pada saat yang sama, Ralf Rangnick duduk di kursi pelatih tim senior Hoffenheim. Juru taktik Bayern ini pun mengaku banyak mendapatkan ilmu dari Rangnick. (AFP/Christof Stache)

Berita Terkait