Foto: 4 Kiper Muda Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Persaingan Muhammad Riyandi dan Nadeo Argawinata sebagai Pilihan Utama

oleh Hendriyan diperbarui 03 Des 2021, 17:13 WIB
Pelatih Shin Tae-yong telah memilih 4 nama di posisi kiper untuk berlaga di Piala AFF 2020. Keempatnya merupakan kiper muda yang masih minim pengalaman di level senior, bahkan ada yang sama sekali belum pernah bermain di level yunior sekalipun. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)
Muhammad Riyandi. Kiper milik Barito Putera berusia 21 tahun ini telah tampil 3 kali di BRI Liga 1 dengan mencatat 1 kali clean sheet dan kebobolan 3 gol. Bersama Timnas Senior, ia telah tampil 5 kali termasuk dua partai terakhir saat melawan Afghanistan dan Myanmar. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)
Dari total 5 laga bersama Timnas senior, Muhammad Riyandi mampu mencetak 1 kali clean sheet dan kebobolan 8 gol. Kelemahannya adalah ia masih canggung dalam melakukan passing dan memberi komando kepada para pemain belakang serta kurang cermat dalam duel udara. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)
Nadeo Argawinata. Kiper milik Bali United berusia 24 tahun ini telah tampil 6 kali di BRI Liga 1 dengan mencatat 4 kali clean sheet dan kebobolan 3 gol. Bersama Timnas Senior, ia telah tampil 3 kali, yaitu dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan 1 laga persahabatan. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Dari 3 laga tersebut, Nadeo Argawinata kebobolan 7 gol tanpa membuat clean sheet. Bersama Muhammad Riyandi, ia mempunyai peluang yang besar untuk menjadi kiper utama pilihan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020 nanti. Posturnya yang tinggi menjadi salah satu kelebihannya. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)
Ernando Ari Sutaryadi. Kiper milik Persebaya Surabaya berusia 19 tahun ini telah tampil 8 kali di BRI Liga 1 dengan mencatat 3 kali clean sheet dan kebobolan 9 gol. Ia belum pernah sekalipun bermain di level senior. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Di level timnas, ia baru merasakan bermain di level U-19 dan U-23. Bersama Timnas U-19 ia telah tampil 4 kali dan melakukan debut pada 17 Oktober 2019. Sementara bersama Timnas U-23 ia telah tampil 2 kali dan melakukan debut pada 26 Oktober 2021. (Dok. PSSI)
Syahrul Trisna Fadillah. Kiper milik Persikabo 1973 berusia 26 tahun ini telah tampil 11 kali di BRI Liga 1 dengan mencatat 4 kali clean sheet dan kebobolan 11 gol. Bersam Timnas Indonesia, ia sama sekali belum pernah bermain baik di level yunior maupun senior. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Berita Terkait