Foto: Sebelum Evan Dimas, 5 Kapten Hebat Timnas Indonesia dalam Sejarah Piala AFF

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 09 Des 2021, 11:53 WIB
Meski bukan pemain paling senior, pelatih Shin Tae-yong nyatanya menunjuk Evan Dimas sebagai kapten untuk memimpin Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020. Publik tentu menaruh harapan besar darinya untuk membawa piala pertama di pentas sepak bola Asia Tenggara tersebut. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)
Pelatih kepala Persebaya Surabaya, Aji Santoso merupakan pemain sekaligus kapten Timnas Indonesia di ajang Piala Tiger 2000. Di bawah kepemimpinannya, Skuat Merah Putih berhasil menembus babak final untuk pertama kalinya. Namun, Aji dkk harus kalah 1-4 dari Thailand. (Bola.com/Iwan Setiawan)
Agung Setyabudi dipercaya sebagai kapten Timnas Indonesia asuhan Ivan Kolev untuk Piala AFF 2002. Dianggap memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, Agung mampu membawa Timnas Indonesia ke babak final. Sayangnya, Skuat Merah Putih lagi-lagi harus kalah 2-4 dari Thailand. (AFP/Peter Parks)
Ponaryo Astaman dipilih Peter Withe sebagai kapten Timnas Indonesia untuk melakoni Piala AFF 2007 usai menjadi pemain terbaik di Liga Indonesia 2004. Tak salah, Ponaryo berhasil mengantarkan Skuat Garuda ke final. Sayangnya, lagi-lagi Indoneisa ditumbangkan. (AFP/Bay Ismoyo)
Bambang Pamungkas dipilih menjadi kapten Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2010 oleh pelatih Alfred Riedl. Ia dianggap memiliki jiwa kepimpinan yang bagus di lapangan. Lagi-lagi, Bepe dan Skuat Merah Putih harus takhluk di partai final saat melawan Malaysia. (AFP/Adek Berry)
Alfred Riedl kali ini memilih Boas Solossa sebagai kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Benar saja, Bochi tampil mengesankan sebagai penyerang maupun sebagai kapten. Sayangnya, gelar yang sudah di depan mata harus raib digondol Thailand dengan agregat 2-3. (AFP/Karim Jaafar)

Berita Terkait